Bogor Economic Summit 2015 Kembali Digelar

BOGOR-KITA.com – Bogor Economic Summit (BES) kembali dihelat tahun ini. Forum ekonomi tahunan Pemkot dan Pemkab Bogor yang telah berlangsung sejak tahun 2012 ini akan dilaksanakan pada Rabu, 16 Desember 2015. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, BES ke-IV ini akan diselenggarakan di Jakarta. Tepatnya di Nusantara Ballroom, BKPM Republik Indonesia di Jalan Jendral Gatot Subroto.

Sekretaris Daerah Kota Bogor sekaligus ketua penyelenggara, Ade Sarip Hidayat, menyebut lokasi acara di gedung milik BKPM di Jakarta memiliki alasan tersendiri. “Ini bagian dari strategi untuk mendatangkan lebih banyak calon investor, pengembang, dan pelaku usaha potensial ke acara BES. Karena kita ketahui besarnya kepercayaan investor ke BKPM dan sebagian besar investor potensial berada di Jakarta,” papar Ade di Bogor, Selasa (15/12/2015). Ade berharap perubahan tempat ini akan memperkuat posisi BES sebagai sarana promosi berbagai peluang dan potensi investasi bersama kota dan kabupaten Bogor.

Tahun ini, BES akan mengambil tema “Transportasi dalam kerangka pengembangan ekonomi wilayah”. Ada alasan khusus, panitia BES memilih tema ini. Setidaknya, kata Ade, upaya pembenahan di bidang transportasi baik yang mencakup wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor maupun antar kedua wilayah adalah perencanaan yang dipandang cukup mendesak, saat ini.

“Perlu dilakukanpenerapan pola dan sistem pergerakan transportasi secara terpadu dan menyeluruh. Juga diperlukan pula unsur penunjang infrastruktur yang dibutuhkan dalam menunjang pola pergerakan transportasi tersebut. Seluruh program yang strategis dalam pembenahan transportasi di kedua wilayah tersebut tentu membutuhkan dukungan berbagai pihak dalam realisasinya baik melalui investasi maupun bantuan-bantuan lainnya. Dan forum BES ini diharapkan akan menjadi bagian dari upaya menguatkan dukungan berbagai pihak dalam konteks mengurai dan mempercepat pembenahan transportasi di ke dua wilayah,” paparnya.

Menurut rencana, kata Ade, BES kali ini akan dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yang akan memberikan smabutan dan akan dibuka secara langsung oleh Kepala BKPM Republik Indonesia, Franky Sibarani. Sedangkan Walikota Bogor, Bima Arya dan Bupati Bogor, Nurhayati, akan mengisi sesi dialog pada talk show yang menjadi bagian utama kegiatan BES. “Walikota Bogor sendiri akan menyampaikan paparan dengan tema “BES is the Best Integrated Transportation Program”. Talkshow ini sendiri akan dipandu oleh presenter metro TV, Aviani Malik,” kata Ade.

Denny sendiri mengatakan BES kali ini akan dihadiri ratusan undangan. Sebagian besar di antaranya, sambung Ade, adalah para pelaku usaha, asiosiasi pengusaha, lembaga donor, dan perbankan. “Kami pun mengundang perwakilan beberapa kedutaan besar negara sahabat yang ada di Jakarta seperti Perancis, Australia, China, Jepang, Belanda, Jerman, Singapura, Amerika, dan Taiwan,” paparnya.

Sekilas BES  

Bogor Economic Summit adalah forum ekonomi tahunan bersama Pemkot dan Pemkab Bogor. Penyelenggaraan BES ini dilaksanakan setiap tahun secara bergantian oleh Kabupaten dan Kota Bogor. Tahun ini atau memasuki penyelenggaraan yang ke-IV, Kota Bogor akan bertindak sebagai tuan rumah dan panitia penyelenggara.

BES lahir dari sebuah pemikiran tentang pendekatan intergratif dan holistic, yaitu memandang bahwa percepatan pembangunan ekonomi di Bogor tidak bisa dilakukan oleh satu wilayah atau stakeholders saja tetapi harus dilakukan bersama-sama antara wilayah maupun antara pemerintah, dunia usaha, akademisi, serta masyarakatnya. [] Admin

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *