Bukan hanya jalan kelas Kabupaten dan Provinsi, ternyata jalan kelas nasional di wilayah Utara Kabupaten Bogor juga banyak yang rusak dan tergenang air saat hujan turun. Salah satunya di ruas Jalan Raya Kemang tepatnya di simpang Arco Desa Pemagarsari Kecamatan Parung.

Warga Keluhkan Buruknya Drainase Jalan Parung-Bogor

BOGOR-KITA.com, PARUNG – Perencanaan pembangunan serta perawatan infrastruktur jalan di beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Bogor, dianggap tidak maksimal. Bukan hanya jalan raya dengan status jalan kabupaten, ternyata kerusakan jalan dan buruknya drainase air, juga terjadi di ruas jalan status Provinsi dan Nasional.

Salah satu ruas jalan provinsi yang rusak parah adalah jalan Pembangunan penghubung Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. “Seharusnya Pemprov Jawa Barat melihat bagaimana mulusnya jalan provinsi di wilayah Pamulang, Tangerang Selatan. Malu ini wilayah pintu gerbang Kabupaten Bogor Jawa Barat, justeru jalannya hancur dan kalau hujan kayak kolam ikan,” kata Yusmansyah (38) warga Kecamatan Gunungsindur kepada wartawan, Rabu (19/2/2020).

Tak jauh berbeda dengan jalan provinsi, jalan raya Kemang Parung yang merupakan jalan nasional juga sangat buruk sistem drainasenya. Beberapa titik di ruas jalan utama tersebut selalu digenangi air dengan ketinggian 10-20 centimeter setiap kali hujan turun di wilayah tersebut. “Drainase jalan raya Kemang Parung buruk sekali. Jalan sering banjir dan akhirnya jadi banyak rusak dan banyak lubang – lubang,” ungkap Mahid Jack (47) warga simpang Arco Desa Pamagersari Kecamatan Parung.

Mahid menjelaskan, selain sering menimbulkan kemacetan, kondisi jalan yang digenangi air juga seringkali menjadi penyebab rusaknya mesin kendaraan bermotor serta kecelakaan lalu lintas. “Harusnya pihak Kementerian PUPR segera membenahi drainase jalan dan memperbaiki jalan yang rusak,” tandasnya.

Penelusuran awak media ini, beberapa titik banjir dan jalan rusak di sepanjang ruas jalan raya nasional tersebut untuk di wilayah Kemang di antaranya adalah sekitar Simpang Salabenda, SPBU Bilabong, Express Motor dan sekitar Kantor Desa Pondok Udik. Sementara untuk wilayah Kecamatan Parung seringkali terjadi banjir di sekitar Alfamart Jabon Mekar, simpang Arco dan simpang jalan utama Desa Pemagarsari serta di sekitar wilayah Pasar Metro Parung. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *