Kab. Bogor

Percepat Pencegahan dan Penanganan Covid-19 dengan Inovasi SIGANTENG TANBATAN ATI

SIGANTENG TANBATAN ATI yaitu Sinergi Penanggulangan Covid Terpadu dengan Keterlibatan bantuan semua Tim di Puskesmas Cimandala

BOGOR-KITA.com, SUKARAJA – Semakin meningkatnya kasus Covid-19 khususnya di wilayah Puskesmas Cimandala maka perlu dilakukan penanggulangan dan pencegahan Covid-19 secara seksama. Untuk itu Puskesmas Cimandala membuat suatu inovasi yang diberi nama SIGANTENG TANBATAN ATI yaitu Sinergi Penanggulangan Covid Terpadu dengan Keterlibatan bantuan semua Tim.

Inovasi ini dilakukan dengan membentuk tim penanggulangan dan pencegahan Covid-19 pada masing-masing unit kegiatan agar tiap unit dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara sistematis dan bersinergitas sehingga penanggulangan pasien Covid-19 dapat dilayani secara optimal dengan mengikuti alur penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di Puskesmas Cimandala. Tim penanggulangan dan pencegahan dalam inovasi SIGANTENG  TANBATAN ATI yang dituangkan dalam SK Kepala Puskesmas dan Camat Sukaraja.

Baca juga  Puskesmas Cimandala Capai Kesembuhan Pasien TB dengan Pemantauan melalui DARING TB

Kepala Puskesmas Cimandala, dr. Sulasiah Legiani, MARS menyampaikan bahwa “Tim SIGANTENG TANBATAN ATI dibentuk dengan sistem kerja secara cepat, tepat dan bersinergi dan berkesinambungan sehingga masyarakat terlayani dengan optimal dan mengurangi terjadinya risiko baik bagi masyarakat luas maupun bagi tenaga kesehatan”.

Adapun kegiatan inovasi SIGANTENG TANBATAN ATI terdiri dari 8 hal pokok: 1. Melaksanakan surveilans epidemiologi Covid 19; 2. Melakukan edukasi pencegahan dan pengendalian penularan covid -19; 3. Melaksanakan komunikasi dan pemberdayaaan masyarakat; 4. Melaksanakan diagnosa laboratorium Covid -19; 5. Melaksanakan penanggulangan penderita covid 19 secara medis; 6. Melakukan rujukan penderita Covid -19; 7. Melaksanakan PPI terhadap penularan Covid -19; dan 8. Pengendalian sampah medis covid-19.

Baca juga  Vaksinasi di Kabupaten Bogor Lancar, Kapolres Penerima Pertama

Sulasiah Legiani menambahkan “Inovasi ini telah sosialisasi di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa agar upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan terjadi penurunan kasus Covid-19 khususnya di wilayah Puskesmas Cimandala. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top