Pengadilan Agama Cibinong

Pengadilan Agama Cibinong, Banyak Perkara Banyak Calo

BOGOR-KITA.com – Ratusan warga hilir mudik di lingkungan Kantor Pengadilan Agama Cibinong. Banyak urusan yang musti mereka selesaikan, mulai dari proses sidang cerai hingga soal lainnya. Namun sayang, tingginya animo ini justru banyak dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab.

Kepala Seksi Kepaniteraan Pengadilan Agama Cibinong, Mumu membenarkan hal ini. Menurutnya, banyak orang yang menawarkan jasa sebagai calo untuk mengurus berbagai proses di wilayah kerjanya.

“Banyak, biasanya ketahuannya pas sidang. Hakim pasti bertanya, bayar berapa? Karena kalau ikut aturan tidak begitu mahal. Tapi biasanya, yang pakai calo itu bisa jutaan rupiah,” katanya di Cibinong, Selasa (26/2/2019).

Lebih lanjut dikatakan Mumu, hal ini memang tidak akan menggagalkan sebuah prosedur yang dilalui. Namun dampaknya, proses kepengurusan pasti akan semakin panjang. “Karena, kini ada aturan baru, yakni siapa pun yang akan mengurus wajib mengurus sendiri. Artinya harus datang tak boleh diwakilkan. Meskipun memakai pengacara, tetap yang bersangkutan wajib datang minimal sekali,” paparnya.

Selain itu, kata Mumu, saat ini, setiap pengurusan di Pengadilan Agama Cibinong harus ter-register di Mahkamah Agung. “Kini semua serba online. Ini untuk meminimalisir adanya KKN. Dan semua putusan harus ter-register di MA,” paparnya.

Diketahui, hingga Februari 2019 ini, ada 946 kasus dari total 23 perkara yang diproses Pengadilan Agama Cibinong. Angka itu terdiri dari 3 pembatalan perkawinan, 190 talak cerai, 620 cerai gugat, 4 harta bersama, 2 perwalian dan 8 penetapan waris.

Sedangkan, penguasaan anak, pengesahan anak, dispensasi kawin dan kewarisan masing-masing satu kasus. Sisanya ada 107 isbat nikah. “Dilihat dari tahun sebelumnya, angka perkara di Pengadilan Agama Cibinong terus mengalami peningkatan. Tahun 2017 saja ada 6 ribu-an perkara, tahun 2018 ada 7.174 perkara,” paparnya. [] Admin/Pkr



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *