Kab. Bogor

Pemkab Bogor Cek Kesiapan 88 Desa Penyelenggara Pilkades

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  gelombang 1, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (12/11/2020).

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  gelombang 1, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (12/11/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan panitia penyelenggara di masing-masing desa.

“Kita sebagai panitia tingkat kabupaten berkewajiban untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait perkembangan pelaksanaan pilkades di lapangan,” katanya.

Dari 88 desa di 34 kecamatan yang melaksanakan Pilkades Serentak pada 20 Desember nanti, hampir seluruhnya saat ini sedang melaksanakan  seleksi bakal calon kepala desa.

Dalam acara rapat koordinasi tersebut dilakukan pemetaan terhadap jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dan jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Baca juga  Final Pemilihan Putri Otonomi Indonesia Tutup Malam Puncak HUT APKASI Ke-22 Di Kabupaten Bogor

Pemetaan dilakukan terhadap wilayah yang berpotensi bakal terjadi konflik. Khususnya wilayah yang jumlah penduduknya padat.

“Semuanya kita bahas di sini,” ujar Burhanudin

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor Renaldi Yushab Fiansyah, mengatakan, pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Bogor bakal dilakukan secara manual di masing-masing TPS dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan membagi jadwal peserta yang datang ke TPS.

“Panitia pilkades melaksanakan prokes 3M, juga sudah disiapkan panitia setiap TPS dan jadwal bagi pemilih datang ke TPS dalam beberapa shift,” katanya.

Menurutnya pemberlakuan shift ke  TPS dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan di masa pandemi  Covid-19.

“Jadi, jika 1 TPS untuk 500 orang, maka akan dilakukan shift awal 250 orang dan shift akhir 250 lagi. Semua panitia kita beri keleluasaan untuk mengatur sesuai kondisi,” tambahnya. [] Hari/Diskominfo Kabupaten Bogor

Baca juga  5 Sebab Masa Pensiun Pekerja Jadi Merana
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top