Kab. Bogor

Dikunjungi Ade Yasin, Rektor IPB Nyatakan Siap Berikan yang Terbaik untuk Kabupaten Bogor

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria menerima dan mendampingi Bupati Bogor Ade Yasin yang berkunjung ke Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Kamis (12/11/2020).

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA –  Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria menyatakan siap mendampingi Pemkab Bogor dan memberikan fasilitas untuk para petani Kabupaten Bogor dan siap memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bogor.

“IPB ingin memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bogor,” kata Prof Arif usai menerima dan mendampingi Bupati Bogor Ade Yasin yang berkunjung ke Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Kamis (12/11/2020).

ATP IPB adalah sebuah kawasan pertanian modern, yang menjadi salah satu unit bisnis IPB yang bergerak di bidang pertanian dari hulu sampai hilir dengan melibatkan petani di sekitar Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kabupaten Cianjur sebagai mitra.

Pengusaha yang juga mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno saat mengunjungi ATP ini memberikan pujian tinggi. Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno menyebut teknologi yang diterapkan di ATP IPB sudah sangat maju.

“Ini membuktikan bahwa universitas di Indonesia tidak kalah dari universitas di luar negeri,” kata Sandiaga ketika itu.

Baca juga  Lockdown Dimana-Mana, Siap-siap Hadapi Ketidakpastian Global

Dari berbagai pemberitaan, diketahui bahwa teknologi smart farming yang dikembangkan ATP IPB sangat canggih. Dalam smart farming ini, IPB mengkolaborasikan antara artificial intelligence, big data, dan robotic.

Salah satunya terkait pengaturan kelembaban. Jika banyak orang masuk, otomastis akan melakukan penyesuaian. Begitu juga suhu dan juga intensitas cahaya. Ketika matahari panas, maka screennya akan melakukan penyesuaian, begitu juga kalau hujan.

Selain produk sayuran organik, ATP IPB University juga menghasilkan produk buah jambu kristal, jambu mutiara, melon, sayur nonorganik, benih ikan lele, dan bibit tanaman dan lainnya.

Bupati Bogor Ade Yasin menyempatkan berkeliling dan memperhatikan secara cermat fasiltas dan produk yang ada di ATP IPB itu.

“Saya melihat di sini potensinya sangat luar biasa, ada sayur-sayuran hidroponik yang penjualannya sudah masuk ke supermarket, belum lagi hasil buah yang sangat segar-segar. Sungguh potensi yang sangat luar biasa dan harus kita kembangkan,” kata Ade Yasin.

Infrastruktur yang baik dan lengkap menjadi sarana penunjang yang sangat efektif.

Baca juga  Jubir Covid-19 Kabupaten Bogor: Positif 52, Transmisi Keluarga 7 orang

“Kita lihat juga di sini ada tempat pelatihan bagi para petani. Sangat modern, dari sisi infrastruktur cukup lengkap dan bagus, ini perlu lebih dikembangkan lagi dan tentunya Pemerintah Kabupaten Bogor ingin terus bersinergi dengan IPB untuk mengembangkan pertanian dan juga bagaimana meningkatkan perekonomian para petani Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.

Menanggapi hal itu, Rektor IPB, Prof Arif Satria mengatakan siap mendampingi Pemkab Bogor mengembangkan pertanian Kabupaten Bogor.

“IPB ingin memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bogor, jangan sampai ada IPB di wilayah Kabupaten Bogor tapi pertaniannya bermasalah, kalau sampai itu terjadi berati kita yang salah. Sejauh ini IPB terus berkoordinasi dengan Pemkab Bogor, dengan Ibu Bupati, jadi kami dari IPB bisa menyumbangkan sesuatu bagi Kabupaten Bogor, termasuk mendampingi dan memberikan fasilitas bagi para petani Kabupaten Bogor,” kata Prof Arif. [] Hari/Diskominfo Kabupaten Bogor

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top