Kab. Bogor

IPB University Fasilitasi Pelatihan Budidaya Pertanian bagi Anggota Babinsa Kodam III Siliwangi

BOGOR-KITA.com, BOGOR – IPB University kembali memfasilitasi pelatihan budidaya pertanian bagi anggota Babinsa Kodam III Siliwangi. Pelatihan kali ini akan dilaksanakan di Agribusiness Technology Park IPB University selama lima hari pad tanggal 8 sampai 12 November 2021.

Profesor Erika Budiarti Laconi, Wakil Rektor IPB University bidang Inovasi dan Bisnis menjelaskan, selama pelatihan nanti, peserta juga akan diajak untuk terjun langsung ke masyarakat dan petani. “Selama empat hari, peserta akan mengikuti pelatihan di Agribusiness Technology Park IPB University, dan satu harinya akan diajak ke masyarakat secara langsung,” ujar Prof Erika.

Lebih lanjut, ia menerangkan, materi pelatihan yang akan diberikan meliputi budidaya sayur organik, hidroponik, budidaya jambu kristal dan budidaya tanaman pangan.

Baca juga  Dosen IPB University Ahli Komputer Ini Raih Fulbright Visiting Scholar Program 2021

Sementara itu, Rektor IPB University, Profesor Arif Satria mengatakan, pelatihan budidaya pertanian ini merupakan upaya bersama dalam memajukan sektor pertanian dalam negeri.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bisa meningkatkan skill para prajurit TNI  dalam budidaya pertanian. Dengan demikian, setelah pelatihan selesai, para peserta dapat menularkan ilmunya melalui pendampingan bagi petani di berbagai wilayah Indonesia,” terangnya.

Ia menilai, pelatihan ini penting dilakukan karena sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjanjikan di masa mendatang. Bahkan, sektor pertanian mampu bertahan dalam masa pandemi COVID-19.

Terkait pelatihan ini, Prof Arif Satria mengaku, sebelumnya IPB University juga telah memfasilitasi pelatihan budidaya pertanian bagi 3500 personil TNI. Hal ini karena salah satu persoalan pertanian adalah teknik budidaya yang dilakukan petani.

Baca juga  Lapas Cibinong Raih Predikat Zona Integritas WBBM Tahun 2020

“Pelatihan ini merupakan stimulus dalam memajukan pertanian di Indonesia. Dengan demikian, peserta dapat mengembangkan skillnya setelah pelatihan usai,” pungkas Prof Arif Satria.

Brigjen TNI, Ahmad Fauzi, mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya Kodam III Siliwangi dalam membekali Babinsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pertanian. Ia menjelaskan, apabila semua materi pelatihan dapat diserap oleh peserta, maka para Babinsa mampu menjadikannya sebagai peluang usaha dan wiraswasta setelah purnabakti nanti.

“Saya menekankan, supaya peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, karena kesempatan ini tidak akan datang dua kali, sehingga tidak ada alasan lain untuk meninggalkan pelatihan ini,” pungkas Ahmad Fauzi. (*/RA)

Baca juga  Dosen IPB University Bicarakan Peluang dan Tantangan Bisnis Online pada Webinar Literasi Digital Nasional 2021
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top