Pendidikan

Usmar: Dulu Negara Tetangga Belajar ke IPB, Sekarang Mereka Lebih Maju

Usmar Hariman

BOGOR-KITA.com – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan tantangan yang tidak mudah bagi dunia pendidikan ke depan. Kondisi ini terutama dikaitkan dengan persoalan pendidikan formal sekarang yang harus diakui masih tertinggal dari negara-negara tetangga. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman dalam sambutannya pada acara malam renungan pendidikan dengan tema “Menuju Generasi Intelektual Menyambut MEA” yang digelar oleh BEM diploma IPB di panggung terbuka Cilibende, Babakan, Selasa (5/5/205) malam.

 “Sekitar 30 tahun yang lalu, saya menjalani kehidupan mahasiswa dan bertemu dengan para mahasiswa dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan lain sebagainya yang belajar menimba ilmu di IPB. Sekarang, justru kita menghadapi fakta bahwa egara-negara tetangga kita terutama Malaysia, Thailand, dan Singapura, lebih maju satu tingkat dibandingkan Indonesia,” terang Usmar.

Baca juga  Ini 5 Alasan Memilih Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University

Ini bisa terjadi, sambung Usmar, mengutip amanat Menteri Pendidikan karena pendidikan di Indonesia telah kehilangan jati diri pendidikan itu sendiri. “Karenanya, Mendikbud pada peringatan Hardiknas tahun ini, menyampaikan harus ada upaya untuk menguatkan dunia pendidikan,” katanya.

Wakil Direktur Kemahasiswaan Program Diploma IPB, Firmansyah berharap, malam renungan pendidikan ini menghasilkan sebuah kesadaran pentingnya selalu meningkatkan kapasitas diri jelang MEA. “MEA sudah semestinya mendorong kita untuk bisa menigkatkan kapasitas diri. Namun penting disadari, proses ini tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal, tetapi juga melalui pendidikan nonformalnya,” terangnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top