Kota Bogor

Tari Tunggul Kawung dan Marching Band Cilik Sambut Obor Asian Games

BOGOR-KITA.com – Begitu banyak pihak yang terlibat dalam kirab api obor Asian Games yang berlangsung sangat meriah di Kota Bogor , Selasa (14/8/2018).

Antara lain adalah tari tradisional Sunda Tunggul Kawung yang dibawakan Sanggar Edas. Tari Tunggul Kawung sengaja ditampilkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor bukan tanpa alasan. Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi, mengatakan, tarian tersebut mengisahkan cikal bakal berdirinya Kota Bogor.

“Tarian itu untuk mengingatkan kembali bahwa Tari Tunggul Kawung itu menggambarkan sejarah hadirnya Bogor. Tarian itu dibawakan sepuluh penari dan sepuluh pemusik dari Sanggar Edas,” jelas Shahlan.

Sementara untuk penyambutan api obor di Balai Kota Bogor, Shahlan menerangkan, dibawakan Tari Santika Muda oleh para penari dari Sanggar Getar Pakuan dan sejumlah tarian lainnya untuk menghibur sekaligus memperkenalkan seni tari tradisional Sunda kepada warga dan pengunjung.

Baca juga  Bima Puji BBRP Ciptakan Kota Bogor Sejuk dan Kondusif

“Jumlah penari dan pemusik 20 orang. Tapi ada juga penampilan musik dari komunitas-komunitas seperti KPJ dan yang lainnya,” paparnya.

Selain itu juga tampil anak-anak yang masih duduk di bangku SD dari SD Kesatuan Bogor yang menampilkan Marching Band Kidung Wahana. Mereka tampil memukau di kerumunan warga yang hadir di Plaza Balai Kota Bogor dengan membawakan beberapa lagu, di antaranya lagu Bogor Kota Kesayangan.

“Kita bangga sekali dari SD Kesatuan bisa tampil di sini. Ada 39 murid yang tampil. Mereka menjalani latihan selama 1 bulan. Sebelumnya mereka juga tampil di acara Festival Merah Putih di Kebun Raya Bogor,” ujar Guru pendamping SD Kesatuan Bogor Triana. [] Admin

Baca juga  KJRI Toronto Tawarkan Kerja Sama Pariwisata, Kesenian dan Budaya
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top