Kegiatan secara resmi dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Eko Prabowo di SMA YPHB, jalan Pajajaran, Senin (29/4/2019).

SMA YPHB Cetak Atlet Panjat Tebing

BOGOR-KITA.com – SMA Yayasan Persaudaraan Haji Bogor (YPHB) Kota Bogor tahun ini kembali menggelar YPHB Open Sport Climbing Competition 6 (YOSCC) tingkat nasional 2019. Kegiatan secara resmi dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Eko Prabowo di SMA YPHB, jalan Pajajaran, Senin (29/4/2019).

Kepala SMA YPHB Kota Bogor, Tri Suharnowo mengungkapkan, tujuan diadakannya kembali kejuaraan YOSCC ini yang pertama untuk memasyarakatkan olahraga Rock Climbing (Panjat Tebing).

“Rock Climbing adalah olahraga yang memiliki risiko besar. Namun kalau direncanakan secara baik dan aman akan tidak menjadi masalah,” katanya.

Kedua, event ini memberikan ruang atau tempat bagi atlet rock climbing berkompetisi. Dari ajang ini mereka bisa mengevaluasi dan mengukur diri sampai sejauh mana kemampuannya dibanding rekan-rekan atlet lainnya.

Kemudian kata dia yang ketiga, merupakan kesempatan YPHB untuk membuka peluang jalur prestasi. Jadi bagi mereka yang berprestasi di ajang ini dan berkeinginan bersekolah di YPHB akan memperoleh keringanan biaya. Artinya dibebaskan semua biaya pendidikan dan diberikan biaya insentif bulanan.

“Insentif ini diberikan dalam rangka meningkatkan prestasinya,” tuturnya.

Kemudian yang terakhir adalah dalam rangka pemanfaatan sarana rock climbing di SMA YPHB. “Kami menyediakan sarana ini agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para atlet,” jelasnya.

Tri menyebutkan, dibanding tahun lalu (YOSCC 5) peserta tahun ini jumlahnya bertambah. Jika tahun lalu diikuti perwakilan dari 17 provinsi, untuk tahun ini diikuti 19 provinsi dengan total keseluruhan berjumlah 300 peserta. Selain bertambah jumlah peserta pada kejuaraan tahun ini pihaknya juga membuka peserta untuk umum. Demikian pula jika tahun lalu membuka dari Youth A-C, tahun ini melebar dari Youth A-D.

“Peserta termuda kelas II SD dan tertua SMA, juga ada dari umum,” katanya.

Tri berharap dengan adanya kegiatan ini akan muncul atlet-atlet baru atau bibit-bibit unggul. Atlet-atlet ini selanjutnya akan diberikan pembinaan sehingga menjadi atlet berprestasi baik di tingkat daerah nasional dan internasional. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *