Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh

Kota Bogor Bakal Dijadikan Pilot Project Kampung KB Tingkat Nasional

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pemerintah Kota Bogor (Pemkot) menerima kunjungan dari Komisi IX DPR RI. Dalam kunjungannya tersebut komisi IX DPR RI mengapresiasi langkah Pemkot Bogor dalam mengembangkan kampung Keluarga Berencana (KB), sehingga Kota Bogor akan diajukan menjadi pilot project percontohan kampung KB tingkat nasional.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh mengatakan, pengembangan program kependudukan di Kota Bogor adalah tanggung jawab seluruh dinas yang ada di Kota Bogor, dilihat di Kota Bogor juga tidak ada hambatan spesifik, tapi kebutuhan realnya itu apa dari masyarakat juga dinas.

“Ini nanti kedepannya bagaimana caranya kampung KB Kota Bogor ini menjadi percontohan ditingkat nasional bagi kampung KB daerah lain. Tadi juga ada skeolah ibu untuk mendukung kampung KB,” ucap Nahiyatul kepada wartawan, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, lanjut Nihayatul, harus difokuskan juga tentang Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), bagaimana dengan adanya program yang pesat disini bisa mengurangi jumlah itu. Kalau masih tinggi itu akses kesehatan belum selesai disitu.

Baca juga  Tiga Pesan Wali Kota Jelang Idul Fitri 1438 Hijriah

“Nanti kami minta jawaban tertulis soal AKI dan AKB. Setelah kami support di daerah-daerah tidak ada yang seperti di Kota Bogor ini. Tahun 2016 dibentuk dan masih berkelanjutan sampai saat ini, ada rumah data, tempat bermain dan bagi saya itu ‘wow’. Yang bisa menjadi contoh adalah bisa menggerakkan kehidupan sosial, menggerakkan kebersihan, kesehatan dan lainnya. Saya harap bisa kembali kesini lagi dan melihat langsung kampung KB,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti menuturkan, program KB yang di canangkan oleh Pemerintah Kota Bogor bisa memberikan inspirasi dan aspirasi untuk daerah lain agar bisa konsen dalam pembangunan keluarga berencana. Setelah dirinya mendengar pemaparan soal kampung KB, memang ada banyak sekali pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh Pemkot Bogor.

“Hal ini bisa dijadikan Kota Bogor menjadi percontohan nasional. Ya, kampung KB yang ada di 20 kelurahan yang ada di Kota Bogor. Tadi percontohan di RW 11 menjadi kampung KB yang cukup. menurut saya RW 11 cukup representatif untuk bisa jadi percontohan,” kata Krisdayanti.

Baca juga  Usmar Lepas 34 Khafilah Kota Bogor Berkompetisi di MTQ ke-34 Jabar

Ditempat yang sama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjelaskan, tahun 2016 dicanangkan kampung KB oleh Presiden Jokowi saat ini ada 26 kampung KB yang masih eksis berkontribusi bagi pengendalian kependudukan. Tadi komisi IX DPR RI mengapresiasi karena Kota Bogor cukup dominan prestasinya, kedua hasil rapat kerja ini akan dibawa dalam rapat komisi IX dengan BKKBN.

“Nanti aja dielaborasi lebih dalam, kampung KB adalah pemberdayaan masyarakat menurut saya cukup berhasil,” pungkasnya. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *