Kab. Bogor

Kades Kemang Bangun Wilayah Perkotaan Ramah Lingkungan

Entang Suana

BOGOR-KITA.com, KEMANG – Desa Kemang merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Kemang. Pusat pemerintahan Kecamatan Kemang dan sejumlah fasilitas umum seperti KUA, Puskesmas dan pasar terletak di Desa Kemang ini.

Menyikapi letak geografis dan fungsi wilayah desa yang amat strategis itu, Entang Suana SE, Kepala Desa Kemang, yang sudah dua periode menjabat, telah membuat berbagai program dan inovasi pembangunan desa.

“Berbagai program dan inovasi pembangunan Desa Kemang, terus kami lakukan di bidang ekonomi, pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Namun semua program itu tetap kami selaraskan dengan program penyelamatan lingkungan hidup,” beber Entang Suana, Kamis (28/1/2021).

Pria yang juga menjadi Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Kemang ini menambahkan, satu contoh program inovasi berbasis lingkungan itu adalah Gerakan Serbu Kemang. Dalam program ini, lanjutnya, secara bertahap akan ditanam seribu pohon kemang di area pemukiman/perumahan warga dan di sekitar Setu Kemang.

Baca juga  SAKIP Dapat Nilai BB, Camat Parung: Tingkatkan Semangat Kerja

Menurutnya, awal nama desa dan Kecamatan Kemang diambil dari nama pohon kemang tersebut. Sehingga wajar nama pohon itu untuk dijadikan ikon/ciri khas desa.

“Gerakan penanaman seribu pohon kemang berfungsi untuk merawat setu dan alam. Kami juga akan melakukan optimalisasi setu menjadi lokasi wisata dan budidaya ikan. Sehingga masyarakat berdaya dan lingkungan atau alam terjaga,” tutup Entang Suana yang juga menjabat Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bogor. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top