Kab. Bogor

Kades Entang Luncurkan Gerakan Tanam 1.000 Pohon Kemang

Kepala Desa Kemang Entang Suana

BOGOR-KITA.com, KEMANG – Kepala Desa (Kades) Kemang, Entang Suana, membuat inovasi program peduli lingkungan sekaligus sebagai upaya untuk menumbuhkan ciri khas tanaman yang dijadikan nama wilayah.

Program tersebut diberi nama Gerakan Serbu Kemang atau gerakan penanaman seribu pohon kemang. Menurut Entang, sapaan akrabnya, gerakan tersebut akan dilakukan di semua wilayah Desa Kemang.

“Nantinya, kita akan tanam bibit pohon kemang di setu (danau) Kemang, sebagai bagian kepedulian dalam upaya menyelamatkan serta menjaga ekosistem alam,” papar pria yang juga menjabat Ketua Paguyuban Kades Kemang ini, Rabu (20/1/2021).

Entang menambahkan, selain itu, dalam Gerakan Serbu Kemang ini, semua pengurus lingkungan RT dan RW diwajibkan untuk ikut serta menanam pohon kemang di wilayahnya masing – masing.

Baca juga  Kecamatan Cisarua Berharap Dana Samisade Cair April

“Termasuk kita wajibkan para pengusaha terutama di bidang perumahan, agar ikut menanam pohon kemang di area komplek yang dibangun perumahan,” katanya.

Untuk penyediaan bibit tanaman kemang, lanjut Ketua HKTI Kabupaten Bogor ini, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pemuda dari karang taruna desa, untuk adanya penyemaian bibit hingga perawatan bakal pohon kemang.

“Sudah 3 bulan berjalan dilakukan penyemaian dan setelah nanti siap tanam, akan dibagikan. Saat ini baru ada sekitar tiga ratus pohon dan akan terus ditambah,” tandasnya.

Pohon kemang masih kerabat dengan pohon mangga. Buahnya pun mempunyai rasa asam. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!