Kab. Bogor

Pemkab Bogor Investigasi Penyebab Banjir Bandang Gunung Mas

Ade Yasin tinjau lokasi bencana banjir Gunung Mas, Rabu (20/1/2021)

BOGOR-KITA,com, CISARUA – Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan pemerintah akan melakukan investigasi penyebab banjir bandang di kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan.

“Kami belum bisa menyimpulkan penyebabnya apa, tentunya harus kita investigasi terlebih dahulu. Apakah ada penggundulan atau tidak, karena kejadiannya air membawa material yang sangat banyak ke sungai, kemudian sungai tidak dapat menampung sehingga luber kemana-mana. Ini sedang kita teliti, kejadian seperti ini di sini baru pertama kali,” beber Ade Yasin saat meninjau pengungsi banjir Gunung Mas, Rabu (20/1/2021).

Untuk recovery wilayah, tambah Ade Yasin, pihaknya tengah melakukan koordinasi seperti apa kondisinya.

“Untuk lumpur dan material sudah dibersihkan oleh tim dari unsur BPBD, Damkar, PUPR, TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, Ormas, Siskomdes Tugu Selatan dan lainnya. Saya juga minta agar Desa Tangguh Tahan Bencana (Destana) untuk diaktifkan kembali, agar dapat bersiaga dengan Tagana di titik yang kira-kira rawan bencana,” imbuhnya.

Baca juga  Ade Yasin Layak Memperjuangkan Pembangunan Jalur Puncak II Berbasis APBN

Ade Yasin juga meminta kepada pengelola wisata Gunung Mas untuk memberikan penginapan sampai situasinya terkendali dan mereka bisa ke rumahnya masing-masing. Sementara untuk korban terdampak rusak berat dan kehilangan tempat tinggal untuk segera merencanakan lokasi hunian baru bagi para korban.

“Para korban terdampak rata-rata karyawan Gunung Mas dan perumahan karyawan. Saya minta pihak Gunung Mas memberikan kemudahan fasilitas kepada mereka yang belum bisa pindah ketempat yang lama,” ungkapnya. [] Hari/Diskominfo Kabupaten Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top