Kab. Bogor

Jalan Rusak Tahunan, Warga Rumpin Siapkan ‘Peringatan Kejutan’ untuk Dinas PUPR Kabupaten Bogor

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Sejumlah jalan utama di wilayah Kecamatan Rumpin dalam kondisi rusak parah. Tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan kapan jalan – jalan itu akan diperbaiki oleh Dinas PUPR atau Pemkab Bogor.

Kesal dengan kondisi jalan yang telah slama dibiarkan rusak tersebut, beberapa elemen warga Rumpin mengaku akan membuat petisi dan ‘peringatan kejutan’ bagi Dinas PUPR dan Pemkab Bogor.

Ibnu Sakti Mubarok, Ketua Ikatan Alumni Himpunan Mahasiswa Rumpin (IKA HMR) menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan satu kejutan peringatan bagi Dinas PUPR dan Pemkab Bogor.

“Kami sudah diskusikan dengan rekan – rekan seperjuangan. Soal waktu dan kejutan peringatan apa yang akan kami berikan, ditunggu saja tanggal mainnya,” ujar Sakti, sapaan akrabnya, Jum’at (24/5/2024).

Baca juga  DPUPR Kabupaten Bogor Kelola Anggaran Rp800 Miliar

Sementara, Ketua Aliansi Gerakan Jalur Tambang (AGJT) sekaligus koordinator Forum Masyarakat Desa (FMD), Junaedi Adi Putra mengaku tengah mempersiapkan sebuah petisi masyarakat untuk DPUPR dan Pemkab Bogor.

Dia menegaskan, petisi tersebut sebagai wujud rasa kecewa atas buruknya infrastruktur jalan utama di Rumpin karena banyak yang dibiarkan rusak tanpa ada perbaikan

Junaedi mengungkapkan, petisi itu merupakan desakan agar DPUPR dan Pemkab Bogor memperbaiki 3 ruas jalan utama di Rumpin yang rusak parah yaitu ruas Cicangkal – Leuwiranji, Cicangkal – Legok dan Ciparigi – Warung Jata.

“Hari Minggu kami akan perbaiki secara swadaya jalan Cicangkal – Legok. Karena menunggu respon pemerintah lama, sedangkan ini jalan penting untuk memperlancar perekonomian warga,” katanya.

Baca juga  Warga Kritisi Kerusakan Jembatan Leuwiranji, Ini Jawaban DPUPR

Dikonfirmasi soal banyak jalan kelas kabupaten yang rusak dan adanya desakan warga Rumpin, Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR, Edi Mulyadi mengaku akan segera
melakukan pengecekan ke jajaran.

“Saya sampaikan dulu ke bidang nya, soalnya pernah diusulkan juga melalui Banprov dan Inpres jalan daerah. Nanti saya infokan lagi,” jawab Sekdis PUPR singkat.

Sedangkan Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah Parung Candra Trikaya mengatakan, di tahun 2024 ada pekerjaan peningkatan jalan ruas Prumpung – Gunungsindur – Cicangkal pada STA.5+591 – STA. 5+941, segmen jalan itu lokasinya di Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin.

“Rencana jalan yang ditingkatkan itu, panjang kurang lebih 300-350 meter, lebar 6 meter dengan bahu 0,5 meter, nilai anggaran 1,5 miliar.
Sedang dipersiapkan bahan-bahan nya oleh Dinas PUPR untuk proses lelang,” tandasnya. [] Fahry

Baca juga  Ketua DPRD Kabupaten Bogor: Lelang di Bulan Januari Lebih Baik
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top