Kab. Bogor

Dr Sofyan Sjaf: Realisasi Pancakarsa Harus Diiringi Peningkatan SDM di Desa

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB, Sofyan Sjaf menjelaskan, merealisasikan program Pancakarsa di Kabupaten Bogor harus diiringi dengan peningkatan Sumber Daya Masyarakat (SDM) Kabupaten Bogor hingga pelosok desa, salah satunya melalui pendidikan desa presisi.

“Pendidikan untuk warga desa agar memiliki ketepatan dalam merencanakan dan membangun, serta menyelesaikan persoalan yang terjadi di pedesaan. Berbasis data dan teknologi digital, sehingga untuk mewujudkan Program Pancakarsa ini benar-benar tepat sasaran sesuai kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Jika masyarakatnya sudah terdidik, keberhasilan akan tercapai dengan maksimal,” kata Sofyan Sjaf dalam satu acara di Aula Diskominfo, Jalan Tegar  Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (29/10/2019).

Baca juga  Bangun SDM untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju

Di tempat yang sama, Ketua Komite Perencana Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saefudin Muhtar menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sangat membutuhkan dukungan masyarakat. Melalui Program Pancakarsa Bupati dan Wakil Bupati Bogor, berbagai program dan pembangunan di Kabupaten Bogor itu harus dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Bukan sekedar program berjalan yang mengabaikan berbagai kebutuhan rakyat.

“Program Pancakarasa ini harus menjadi solusi dari permasalahan rakyat yang ada, mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, pembangunan, kemajuan, dan sosial dimasyarakat. Melalui kegiatan ini kami mengajak masyarakat bekerjasama dengan Pemkab Bogor membangun Kabupaten Bogor lebih baik menuju masyarakat sejahtera,”bebernya.

Lurah Sukahati, Khoerudin mengakui, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. Untuk menciptakan masyarakat yang peduli lingkungan, dan berwawasan teknologi. Tentu harus dibekali tidak hanya dukungan sarana prasarana, akan tetapi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi poin untuk mendukung pembangunan daerah.

Baca juga  Dua Desa di Sukabumi Juara, Satu Juara Nasional Satu Provinsi

“Kegiatan ini harus rutin dilakukan, sebagai wadah sharing informasi, peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan. Sehingga mereka bisa menularkan ilmu positif kepada yang lainnya, untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bogor lebih baik,” tukasnya. [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top