Pendidikan

Dosen IPB dan Kelompok Masyarakat Peduli Sungai “Jaga Tirta” Desa Madukoro Mengembangkan Lubuk Ikan

BOGOR-KITA.com, LAMPUNG – Dosen IPB University melalui program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) mengajak masyarakat Desa Madukoro, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara untuk mengelola potensi sumberdaya perairan umum dengan membangun lubuk-lubuk ikan yang dapat menyediakan kebutuhan protein hewani ikan dan ketahanan pangan masyarakat, dan mengatasi masalah stunting.

Lubuk ikan adalah sungai/rawa/situ ataupun embung-embung desa yang dikelola oleh masyarakat desa sebagai tempat berkembang biaknya ikan di alam.  Kegiatan dospulkam ini dilaksanakan pada 7 Juni 2024 di Kantor Desa Madukoro dan dihadiri oleh dua orang guru besar IPB yaitu Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, MSc; Prof. Dr. Ir. Mulyono, MSc; dan Dr. Thomas Nugroho, S.Pi, M.Si.

Baca juga  FEM IPB University Menyapa Orang Tua Mahasiswa 57

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) menyampaikan apresiasi atas kepedulian tim dosen IPB dalam membantu masyarakat Desa Madukoro mengembangkan potensi perikanan. “Kami sangat berterima kasih kepada tim dosen IPB yang telah memilih desa kami sebagai lokasi program dospulkam. Kami berharap melalui program ini, masyarakat Desa Madukoro dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam bidang perikanan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Program DosPulKam di desa Madukoro ini akan dilakukan beberapa kali kunjungan untuk pendampingan mengenai ide pengembangan potensi perikanan di perairan umum. Program pengabdian tersebut akan dilakukan dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti kelompok Jaga Tirta dan kelompok-kelompok lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim DosPulkam Dr. Thomas Nugroho, S.Pi, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Madukoro memiliki potensi perikanan yang besar. “Desa Madukoro memiliki sumber daya air yang melimpah dan lokasi yang strategis untuk pengembangan pengelolaan ikan berbasis masyarakat melalui konservasi sumberdaya perairan umum. Kami yakin dengan kerjasama yang baik antara tim dosen IPB dan masyarakat Desa Madukoro, potensi perikanan di desa ini dapat dikembangkan secara optimal,” ungkapnya.

Baca juga  Usai Pandemi, Gerakan Subuh Berjamaah di Masjid Al-Hurriyyah IPB University Kembali Digalakkan

Melalui program DosPulKam ini, diharapkan masyarakat Desa Madukoro dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam bidang perikanan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan di Desa Madukoro dan membantu meningkatkan perekonomian desa.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top