Dompet Dhuafa Turunkan Tim Kesehatan ke Lokasi Banjir Sukabumi

BOGOR-KITA.com, SUKABUMI – Melanjutkan tanggap respon banjir bandang yang melanda wilayah Sukabumi, tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kembali melakukan aksi bersih-bersih dan menurunkan tim kesehatan, Kamis siang (24/9/2020). Kali ini, tim menuju Kampung Nyangkoek, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Tim mengerahkan sejumlah relawan, dan armada mobil taktis juga ambulans.

“Hari ini, tim menuju ke Desa Mekarsari, Cicurug, dengan agenda bersih-bersih rumah warga. Disana menjadi salah satu titik yang cukup parah,” terang Sanadi, selaku Koordinator Pos Respon Banjir Bandang Sukabumi dalam keterangan tertulisnya Kamis (24/9/2020).

Ketersedian alat seperti kop, pacul, dan bantuan mesin diesel, tim mulai membersihkan rumah-rumah yang menjadi korban banjir bandang. Dibantu relawan lain dan warga setempat, tim bergotong royong mengangkut lumpur dari rumah-rumah. Walau air telah surut, material yang dibawa berupa lumpur, dan kayu-kayu masih menumpuk di rumah-rumah warga.

“Memang lumpur masih banyak sekali, saya sudah bersihkan dua hari belum kelar juga. Ini masih banyak lumpurnya,” aku Johari, salah satu warga.

Baca juga  Ridwan Kamil Ucapkan Selamat kepada Jokowi dan Maruf Amin

Selain aksi bersih-bersih, tim juga menerjunkan satu tim kesehatan. Mereka mendatangi rumah-rumah warga yang mengalami keluhan pasca bencana. Perawatan luka menjadi yang paling sering tim lakukan selama respon kesehatan di lapangan.

“Paling banyak perawatan luka, karena saat kejadian, material yang dibawa mencederai warga,” tukas Sigit, Tenaga Medis Dompet Dhuafa.

Seperti yang telah diinfokan sebelumnya, banjir bandang pada senin (21/9) sore, membuat rumah-rumah warga di sepanjang Sungai Citatih, Cicurug, porak poranda. Puluhan keluarga terpaksa mengungsi, dan ribuan lainnya kini sibuk membenahi yang tersisa.[] Hari

Dompet Dhuafa berkolaborasi bersama Bogor Kita memberikan bantuan fasilitas pendidikan untuk siswa kurang mampu dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Klik untuk berdonasi.



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *