Lokasi Pulau Biawak di Indramayu

Dimanakah Pulau Biawak, Surga Tersembunyi di Indramayu Itu?

BOGOR-KITA.com – Belum banyak wisatawan yang tahu dimana letak Pulau Biawak. Di mana gerangan lokasi Pulau Biawak yang disebut Surga Tersembunyi di Kabupaten Indramayu itu?

Lokasinya tidak seberapa jauh dari Jakarta. Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, bertualang di Pulau Biawak boleh jadi sama serunya dengan wisata ke Pulau Komodo. Jalur untuk ke Pulau Biawak tidaklah sulit. Cukup menyusuri jalur Pantura, mudah untuk menemukan Pulau Biawak baik dari arah Cirebon maupun Indramayu. Patokannya dari Perempatan Celeng, petualangan berlanjut ke pelabuhan Karangsong yang juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Pulau Biawak berada di sebelah Utara Pulau Jawa bagian tengah. Tepatnya masuk dalam wilayah administratif kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Luas Pulau Biawak sekitar 742 hektar yang mayoritasnya berupa hutan bakau sebagai penyangga ekosistem pantai. Selain biawak, Pulau Biawak juga menjadi kawasan konservasi burung-burung liar. Di TPI Karangsong ini banyak nelayan yang bersedia mengantar wisatawan atau turis yang ingin bertualang ke Pulau Biawak. Mirip seperti Pulau Untung Jawa, para turis bisa menyewa jasa nelayan dari Pantai Tanjung Pasir, Tangerang. Asal harga cocok, para nelayan itu akan mengantar menggunakan perahu kelotok alias perahu bermesin tunggal.

Dengan suasana pantai utara Pulau Jawa yang bersahabat, pengunjung kita bisa kapanpun menyeberang ke Pulau Biawak, bisa siang hari maupun malam hari.

Perahu nelayan pun sudah siap 24 jam untuk mengantarkan para wisatawan. Amatilah para nelayan itu, mereka sangat canggih dalam memahai arah angin sebagai kompas dan sangat jarang yang kesasar. Para nelayan tradisional itu menggunakan kain bendera yang tergantung di ujung bilah bambu sebagai penanda arah angin. Mereka tahu ke mana harus mengarahkan perahunya. Sungguh, navigasi kompleks tanpa GPS sekalipun. [] Admin/dari berbagai sumber

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *