Luapan Kali Baru di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Rabu (1/1/2020).

Dibersihkan Besar-Besaran, Kali Baru Bojonggede Tetap Dipenuhi Sampah

BOGOR-KITA.com, BOJONGGEDE – Kali Baru di Bojong Gede yang pernah dibersihakan secara besar-besaran, tetapi menjadi lumbung sampah.  Hujan yang terus mengguyur Rabu (1/1/2020), membuat  sampah itu meluap ke jalanan bersamaan dengan luapan air.

Pantauan BOGOR-KITA, Rabu (1/1/2020) pukul 10.58 WIB, jalanan tergenang air yang meluap dari Kali Baru. Akibatnya sejumlah kendaraan yang lalu lalang di Jalan Raya Bojonggede-Citayam harus memperlambat laju kendaraannya.

“Posisi Kali Baru memang di atas jalanan ini, sehingga meluber ke jalan. Hal ini akibat sampah yang mengendap,” kata Agus, salah seorang warga sekitar.

Sementara itu, Djunaedi, Kali Baru yang sebelumnya pernah dibersihkan secara besar-besaran.

Namun, keberadaan kali yang membelah wilayah Kecamatan Boijong Gede itu kondisinya masih memprihatinkan, karena secara kasat mata tumpukan sampah di kali tersebut masih terlihat dan semakin menggunung di badan sungai yang menyumbat aliran di bawah jembatan kampung sawah di lingkungan Rt 01 Rw 07.

Warga setempat, Ny.Suherni (37) mengakui keberadaan sampah itu menyebarkan aroma tak sedap yang dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit ISPA.

”Sampah itu bukan dari sini tapi terbawa arus lalu tersangkut di jembatan kampung sawah. Nah yang kena getahnya warga di sini lingkungan jadi kumuh dan tidak sehat,” tuturnya.

Camat Bojong Gede, Dace Hatomi membenarkan persoalan sampah di kali Baru memang belum bisa sepenuhnya untuk ditanggulangi maupun normalisasi lantaran keterbatasan kewenangan dalam pendanaannya.

”Kendati demikian kita sudah berupaya melakukan pengerukan dan pengangkutan sampah di kali itu secara bergotong royong bekerja sama dengan dinas kebersihan dan pertamanan kabupaten bogor, akan tetapi sampah yang terbawa arus sungai dari daerah lain kembali menumpuk,” jelasnya. [] Fauzan



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *