Kab. Bogor

2020, Seniman Bogor Berharap Pemerintah Lebih Perhatian

BOGOR-KITA.com, GADOG – Tahun 2020 baru saja berlalu. Budayawan sekaligus seniman kondang asal Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Abah Ukam berharap Pemerintah Kota dan Kabupaten  Bogor memberikan perhatian kepada senima Bogor.

“Tentunya kita sangat berharap, karena banyak seniman Bogor khususnya yang muda bisa berkreasi lebih di tahun 2020 ini. Hal ini sulit terealisasi tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah,” papar Abah Ukam yang kini tengah merintis Album Reaggaedut bersama Randy Payapo, dalam percakapan WhatsApps dengan BOGOR -KITA.com, Selasa (1/1/2020).

Menurut pria yang beberapa kali mengorbitkan artis baru asal Bogor tersebut, selama ini, peluang para seniman Bogor untuk berkreasi dan berkiprah secara nasional maupun internasional masih minim dukungan dari pemerintah daerah. Karenanya, ia berharap pemda dapat lebih memperhatikan seniman yang ada di Bogor.

Baca juga  Longsor di Jalur Puncak, Ini Penyebabnya

“Jujur, peluang para seniman untuk unjuk kebolehan di tingkat nasional dan bahkan internasional sebetulnya tak kalah dengan yang saat ini sudah bergaung. Potensi yang dimiliki para seniman muda ini harus didukung oleh pemerintah, tak hanya dari sisi ruang ekspresi dengan ragam ajang, tapi juga hal-hal lain,” ungkap pemilik Abah Ukam & Management yang berkolaborasi bersama God Power 1962.

Kerabat artis kondang Elvi Sukaesih ini juga mengatakan, Bogor memiliki banyak potensi artis yang jika diberikan ruang kreasi bisa mengharumkan nama Bogor.

Abah Ukam tercatat pernah dianugerahi penghargaan internasional  sebagai ‘Seniman Peduli Toleransi’ oleh World Tolerance Awards (WTA) tahun 2016 silam.

Damien Dematra, selaku founder dan director festival internasional menyebutkan, terpilihnya Abah Ukam karena kontribusinya mempromosikan toleransi lewat cara-cara kreatif.

Baca juga  Masyarakat Nanggung Minta Izin Tambang Rakyat pada Reses Ruhyat Nugraha

Abah Ukam sendiri merupakan seorang seniman senior yang aktif menulis lagu dan menyanyikan lagu-lagu bertema toleransi. Selain itu, ia kerap mempromosikan toleransi kepada artis binaannya.

Salah satu bukti Abah Ukam mempromosikan toleransi adalah dengan diluncurkannya album Cinta Untuk Semua pada Hari Toleransi Sedunia pada 2015 lalu.

Album ini merupakan buah karya Abah Ukam bersama penyanyi Natasha Dematra. Album ini sendiri telah mendapatkan apresiasi dari mancanegara dan telah diputar di Eropa dan juga Amerika. [] Fauzan

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top