Pelantikan pengurus Karang Taruna Cigudeg, Selasa (12/3/2019).

Camat Cigudeg Lantik Pengurus Karang Taruna

BOGOR–KITA.com – Forum Pengurus Karang Taruna Cigudeg periode 2019-2024 resmi dilantik di Gedung Aula Perkebunan PTPN 8,  Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Selasa (12/3/2019)

Turut hadir Muspika Cigudeg, pengurus KNPI Cigudeg tokoh agama dan masyarakat. Acara ini juga dimeriahkan dengan iringan kesenian pencak silat dari Paguyuban Lodaya Lugay, Desa Bangunjaya.

Camat Cigudeg melalui Sekretaris Camat, Tirta Juwarta, berharap karang taruna  bisa menjadi mitra kerja pemerintah. “Tentu saja dapat berjalan sesuai Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) serta mengikuti  aturan- aturan lainnya,” kata Tirta.

Menurutnya, forum Karang taruna bisa juga berperan sebagai tenaga sosial baik temporer serta bisa kerjasama dengan dinas sosial, seperti adanya  kedaruratan.

Sementara itu, Sekjen Karang Taruna Kabupaten Bogor  Hendra Tirtana, mengatakan,  forum organisasi karang taruna adalah lembaga yang dipayungi hukum sesuai TAP MPR dan Perda Nomor 11 tahun 2011.

“Lembaga Karang Taruna punya hak yang sama seperti LPM, BPD dan PKK, tujuannya sama untuk mengembangkan dan menggali potensi desa, yang penting ada kemauan semua pasti bisa,” tukasnya.

Baca juga  Nurhayanti – Usmar Bahas Sampah dan Kemacetan Lalulintas

Ia menuturkan, yang menjadi prioritas ialah bergerak di UMKM, kesejahteraan social, kemudian pendidikan. “Mengenai anggaran untuk kegiatan kelembagaan karang taruna, pihak desa bisa menganggarkan dari alokasi dana desa,” terangnya.

Ketua Karang Taruna terpilih, Madrofi mengemukakan, dengan dibentuknya kepengurusan forum Karang Taruna yang pertama, kami akan menjalin hubungan soliditas mulai dari pengurus kecamatan hingga ke tingkat desa.

“Untuk menyatukan dari bermacam karakter serta menjalin hubungan kemitraan dengan semua unsur. Dengan sinergitas antar lembaga karang taruna tentunya dapat menciptakan suasana dinamisasi,” katanya. [] Admin/Pkr



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *