Kab. Bogor

World CleanUp Day 2023, Sejumlah Pemuda Bebersih Sampah Sungai Cikeas

Foto Desa Wisata Bojongkulur

BOGOR-KITA.com, GUNUNGPUTRI – Dalam rangka peringatan World CleanUp Day 2023 Generasi Milenial dan Gen Z Bojongkulur yang tergabung dalam Karang Taruna 36 melakukan kegiatan Susur Sungai Cikeas sambil bebersih Sampah pada hari Minggu, 17 September 2023

Kegiatan ini didukung oleh Desa Wisata Bojongkulur dan KP2C (Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas) menggunakan 7 perahu karet (river boat) yang diikuti lebih dari 50 orang peserta.

“Susur sungai ini  menggunakan perahu karet (river boat). Selain untuk bebersih sungai juga menjadi sarana hiburan yang menyenangkan bagi temen² sekaligus sebagai sarana edukasi dan melatih ketahanan fisik,” papar Tiara Anggita Yudhistira, Ketua Katar 36 Bojongkulur.

Pada kesempatan itu, Ketua Desa Wisata Bojongkulur, Puarman, yang juga Ketua KP2C, mengemukakan bahwa susur sungai merupakan kegiatan untuk mengenalkan masyarakat tentang ekologi sungai dan karakteristik sungai. Meliputi pengenalan arus air, komponen yang ada di sungai, lingkungan sekitar sungai serta badan sungai.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Positif Melonjak Lagi, 45, Sembuh 33

Manfaat lain susur sungai adalah menumbuhkan rasa cinta sungai dan memotivasi untuk melakukan pelestarian sungai

Bebersih sungai

Di hilir sungai Cikeas masih ditemui sampah – sampah yang hanyut dari hulu ketika TMA (Tinggi Muka Air) naik.

Sampah berasal dari TPS (Tempat Pembuangan Sampah) liar yang ada di beberapa titik di hulu bantaran sungai Cikeas.

Peserta susur sungai dibekali karung setiap perahunya untuk mengumpulkan sampah yang berhasil dipungut selama dalam perjalanan hampir 2 jam.

Sampah – sampah tersebut dikumpulkan di titik Finish dan selanjutnya oleh pengelola Desa Wisata dikirimkan ke Bank Sampah. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top