Kota Bogor

Sukses Selenggarakan WMK 2023, IPB University Lahirkan Ratusan Entrepreneur

BOGOR-KITA.com, BOGOR – IPB University sukses menyelenggarakan program Wirausaha Merdeka (WMK) 2023.

Program WMK 2023 ini diikuti oleh 367 di antaranya merupakan mahasiswa dari 32 Perguruan Tinggi di 16 provinsi se-Indonesia.

Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi itu digembleng selama enam bulan untuk menjadi entrepreneur.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Prof. Deni Noviana mengatakan, kegiatan itu dirancang untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan mahasiswa mencakup pemahaman, perencanaan, analisis hingga evaluasi bisnis.

“Ini merupakan puncak kegiatan kewirausahaan (WMK) yang diselenggarakan di IPB, sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan Student Entrepreneur Expo dan Student Entrepreneur Awards yang dikemas untuk menunjukkan pencapaian selama enam bulan pembinaan, karena ada pemerintah yang suport mereka ada beberapa perusahaan juga,” kata Prof Deni Sabtu (2/12/2023).

Selama enam bulan, kata Prof Deni ratusan mahasiswa tersebut digembleng oleh 11 mentor usaha mengenai seluk beluk dunia bisnis dari mulai nol hingga menghasilkan 139 jenis usaha.

Baca juga  85 Persen Carrier Corona OTG

“Melalui tiga program ini mahasiswa diharapkan dapat membentuk karakter dan semangat berwirausaha, agar mampu memanfaatkan peluang yang ada dalam menciptakan usaha sendiri selama kuliah dan setelah lulus kuliah, sehingga pada akhirnya lulusan perguruan tinggi tidak hanya sekedar pencari kerja namun bisa menjadi pengusaha hingga pencipta lapangan kerja,” jelasnya.

Ia mengungkapkan dengan adanya tiga program tersebut dapat mendorong Indonesia menjadi negara maju yang salah satu indikatornya dinilai dari persentase perkembangan enterpreneur diangka 7 persen. Sementara di Indonesia persentasenya baru berada diangka 3,6 persen.

“Mahasiswa IPB sendiri kita sudah lakukan talent maping dari mereka masuk, 45 persen ingin jadi pengusaha yang jadi dosen 10 persen, 40 persen lagi jadi profesional seperti kerja di BUMN dan sebagainya,” ungkapnya.

Baca juga  Pemkot Bogor Siap Bentuk Satgas Saber Pungli

“Yang 45 persen ini kan ingin jadi wirausaha, itu tentu harus dibikinkan koridornya bukan di bangku kuliah saja. Mangkanya selain program WMK ini, di kami juga dorong melalui program PMW dan Startup School sebagai wadah untuk mahasiswa menyalurkan peluang di bidang kewirausahaan,” tambahnya.

Sementara, Direktur Kemahasiswaan IPB University, Ujang Suwarna menuturkan, Program Kewirausahaan IPB dirancang dengan penerapan taksonomi bloom, dimana program difokuskan pada peningkatan kemampuan kewirausahaan mahasiswa sebagai bentuk dalam mempersiapkan lulusan IPB yang dapat berkarya dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Terutama dalam bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Karena pak Rektor juga mendorong penuh perkembangan argomaritim,” tuturnya.

Dalam Program Kewirausahaan IPB 2023 yang diikuti berbagai jurusan ini membina enam bidang usaha atau produk di antaranya, produk makanan dan minuman, jasa, budidaya, kreatif, teknologi dan produk digital.

Ia meyakini para mahasiswa yang mengikuti program tersebut dipastikan memiliki peluang yang sangat besar untuk melanjutkan karya dan bisnisnya ke depan.

Baca juga  UTBK Digelar, IPB University Terapkan Protokol COVID-19 Secara Ketat

Sebab, pihaknya sejak awal sudah melakukan maping dan telah mempersiapkan sejumlah langkah untuk meminimalisir kemungkinan adanya kegagalan.

“Kita sudah membangun komunitas untuk mereka saling sharing, kita siapkan aplikasi digitalisasi untuk menghubungkan produk-produk dan karya mereka dalam bidang usaha, kita fasilitasi coaching, mentoring dengan mentor-mentor yang punya jam terbangnya cukup tinggi untuk melatih mental mereka, terkait pembantuan pendanaan dikucurkan baik dari IPB maupun dengan kemitraan,” terang Ujang.

“Pogram yang kita lakukan ini kita akses lagi sebelum mereka lulus, dan setelah mereka lulus kita komunikasikan dan kolaborasikan dengan Alumni Himpunan IPB, karena mereka juga memiliki bidang khusus wirasusaha. Kami coba dampingi mereka jangan sampai produknya tidak jalan, permodalan juga berkurang,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top