Sugeng Pimpin Acara Penghormatan Terakhir Bagi Advokat Senior Almarhum Yan Apul Girsang

Sugeng Pimpin acara penghormatan terakhor advokat kepada Yan Apul

BOGOR-KITA.com – Wakil Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Sugeng Teguh Santoso memimpin acara penghormatan terakhir dari para avokat kepada advokat senior almarhum Yan Apul Hasiholan Girsang yang meninggal dunia dalam usia 76 tahun, 27 Febrauri 2015 lalu.

Acara penghormatan dilakukan di rumah duka, RS Dharmais, Jakarta, Minggu (1/3/2015), dihadiri para senior Peradi. Tampak antara lain, Ketua Umum Peradi Dr Otto Hasibuan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, Trimedya Panjaitan dan puluhan advokat lainnya. “Saya sempat memimpin doa dalam acara tersebut selain juga memberikan kata-kata penghormatan terakhir sebelum dimakamkan,” kata Sugeng.

Otto Hasibuan, Trimedya Panjaitan, imbuh Sugeng, juga menyampaikan sambutan belasungkawa, yang pada pokoknya memuji sosok Yan Apul Girsang sebagai sosok advokat senior yang gigih memperjuangkan rekonsialiasi advokat. Yan Apul juga dipuji sebagai advokat yang rendah hati, sangat mengayomi para yunior, bahkan sangat perhatian pada pencari keadilaan yang miskin. “Yan Apul yang periang, layak diberi penghargaan karena berjasa bagi profesi advokat,” kata Sugeng.

anggota dewan kehormtan pusat advokat Peradi, mantan Ketua Asosiasi advokat Indonesia

Sampai akhir hayatnya, Yan Apul, anggota Dewan Kehormatan Pusat Advokat Peradi, mantan Ketua Asosiasi Advokat Indonesia (AAI),  terus berkarya dan berjuang agar advokat dan komunitas advokat bersatu dan tetap solid agar dihormati. Yan Apul juga adalah advokat senior yang getol menggelorakan bantuan hukum gratis untuk rakyat miskin.

Perjumpaan saya yang terakhir dengan Yan Apul, tutur Sugeng, adalah dalam acara seminar nasional Bantuan Hukum Probono untuk rakyat miskin awal Maret 2014. Saat itu Yan Apul sudah dalam kondisi lemah, tetapi  masih bersemangat berjuang memberikan bantuan hukum probono. “Saya sempat menggoda, "Abang Yan ini pantesnya sudah istirahat menikmati hari tua, tidak terus bergerak, kegiatan biarkan dilakukan oleh orang muda. Yan Apul menjawab, Mas, saya menikmati profesi ini dan berharap tetap bermanfaat buat masyarakat sampai saya dipanggil Tuhan. Tanpa dinyana pada saat kami para advokat sedang mempersiapkan Munas Peradi 3 di Makassar, muncul kabar Bang Yan Apul meninggalkan kami semua,” tutur Sugeng. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *