Search for Common Ground Indonesia (Search) berkunjung ke Yayasan Satu Keadilan di Parakan Salak, Kabupaten Bogor, Rabu (29/8/2018)

Search for Common Ground Indonesia Sumbang Dana untuk 7 Seniman

BOGOR-KITA.com –  Search for Common Ground Indonesia (Search) memberikan dana hibah kepada 7 seniman terpilih untuk menciptakan karya seni yang mendukung pesan-pesan perdamaian dan toleransi beragama. Selanjutnya akan mengadakan Festival Seni & Keberagaman untuk memamerkan karya-karya seni tersebut ke publik.

“Kami percaya seni adalah medium yang baik untuk mempromosikan perdamaian karena sifatnya yang multitafsir. Harapannya, melalui karya-karya seni ini kami dapat menawarkan perspektif baru dari isu-isu keberagaman yang seringkali tidak bisa dilihat dari satu dimensi saja,” kata Program Officer Search, Shaffira Gayatri saat berkunjung ke Yayasan Satu Keadilan di Parakan Salak, Kabupaten Bogor, Rabu (29/8/2018).

Selain dengan 7 seniman terpilih, Search juga bekerja sama dengan Spektakel.id sebagai media partner dan Yayasan Satu Keadilan dalam hal penyelenggaraan kunjungan lapangan ke komunitas minoritas.

“Kunjungan komunitas ini sangat penting artinya untuk meningkatkan kepekaan para seniman dalam memahami isu-isu kebebasan beragama dan masalah-masalah riil yang dihadapi oleh komunitas minoritas agama,” kata Shaffira.

Kepala Departemen Penyiaran PP Pemuda Muslim Ahmadiyah, Iffat Aulia Ahmad yang hadir dalam kunjungan, menambahkan, persekusi terhadap Ahmadiyah adalah karena adanya kesalahpahaman yang beredar dalam masyarakat.

“Ahmadiyah dipandang bukan Islam karena syahadat, shalatnya berbeda. Hal itu tidak benar,” katanya.

Salah seorang seniman yang terlibat  dalam program ini adalah Budiman dari  komunitas seniman jalanan Gardu House.

Budiman mengatakan  akan membuat mural di kampung – kampung  dengan partisipasi aktif warga. Mural-mural bertema toleransi akan lebih dekat dengan keseharian warga. Selain dari seniman mural, program ini juga menggandeng seniman film dokumenter dan teater.

Ketua Yayasan Satu Keadilan , Sugeng Teguh Santoso mengatakan, dalam hal mengampanyekan pesan – pesan perdamaian dan toleransi beragama, Search mempunyai spirit yang sama dengan Yayasan Satu Keadilan. “Kami sangat mendukung program  ini. Saya berharap kerjasama ini bisa berlanjut,” katanya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *