Kab. Bogor

Pesan Rektor IPB kepada 801 Wisudawan: Teruslah Menjadi Agile Learner

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam  wisuda 801 wisudawan tahap kedua tahun akademik 2020/2021, Kamis (10/12/2020).

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA –  Teruslah menjadi agile learner. Hal ini merupakan salah satu dari lima pesan yang disampaikan Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam  wisuda 801 wisudawan tahap kedua tahun akademik 2020/2021, Kamis (10/12/2020).

Secara kesleuruhan Prof Arif menyampaikan lima pesan kepada para wisudawan sebagai bekal menjalani kehidupan pasca kampus.

Lima pesan itu adalah pertama, hendaknya para wisudawan agar terus menjadi agile learner, seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas.

Agile learner adalah mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri serta beradaptasi pada perubahan.
“Menghadapi keadaan volatility, uncertainty, complexity and ambiguity (VUCA) saat ini tidak cukup hanya sekadar pembelajar, namun harus bisa menjadi agile learner. Sebab hari ini yang dibutuhkan tidak hanya ketepatan, tapi juga kecepatan,” ujarnya.

Baca juga  Pengamat Politik: Bogor Leaders Talks Kreatif dan Inovatif

Kedua, para wisudawan agar terus memperkuat identitas serta bangga sebagai alumni IPB University.

Sebagai bagian dari almamater IPB University, para lulusan harus senantiasa mengingat tiga kata kunci yang menjadi identitas IPB University, yaitu integritas, inovasi dan inspirasi.

“Pesan saya yang ketiga adalah terus berjejaring bersama alumni IPB University. Berjejaring dengan dunia yang begitu luas dalam rangka memperkuat agromaritim 4.0 sebagai sumber pangan, energi, biomaterial, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi baru,” tegas Rektor dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Kamis (10/12/2020).

Oleh karenanya, kata Prof Arif, alumni IPB University sudah semestinya memiliki motivasi yang kuat untuk membuktikan pada dunia bahwa ilmu yang telah dipelajari di kampus itu memiliki daya manfaat untuk kemajuan bangsa.

Baca juga  Live di SCTV, Prediksi Final Liga Europa: Villarreal Jadi Kuda Hitam Hadapi Manchester United

Pendidikan yang didapatkan selama di kampus berupa hardskill, softskill, karakter maupun integritas adalah persiapan. Sementara keberuntungan adalah kesempatan plus persiapan. Karenanya, pesan keempat Rektor bagi wisudawan adalah diharapkan persiapan yang dilakukan itu menjadi bekal agar lulusan IPB University mampu menemukan masa depan.

“Wisuda merupakan bagian dari ujung proses persiapan yang sudah anda dan IPB University lakukan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga sebagaimana pesan pertama tadi, menjadi pembelajar yang tangguh adalah dalam rangka bisa terus mengikuti perkembangan jaman,” katanya.

Rektor IPB juga berpesan, momen wisuda ini merupakan saat yang tepat untuk berterima kasih pada orang tua dan guru. Dua sosok itulah yang tak lain merupakan orang yang paling ikhlas melihat kita maju.

Baca juga  KPRI Beriman Kota Bogor Minta Tambahan Modal

“Wujud terima kasih bukan sekadar ucapan, tapi sebagaimana kita mensyukuri dengan senantiasa mendayagunakan segala sumberdaya potensi yang dimiliki untuk memberikan manfaat untuk kemajuan dan perubahan ke arah yang lebih baik lagi,” kata Prof Arif. [] Admin

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top