Reza Fadila Rahman

Persikabo U-17 Wakil Jabar di Piala Soeratin 2019 Setelah Taklukkan Persib Bandung U-17

BOGOR-KITA.com – Gelaran kompetisi usia muda legendaris di Indonesia Piala Soeratin U-15 dan U-17  kembali digelar 26 Januari hingga 9 Februari 2019. Kompetisi Nasional Piala Soeratin merupakan kompetisi yang menjadi cikal bakal lahirnya bakat-bakat hebat si kulit bundar tanah air. Nama-nama besar seperti Robby Darwis, Charis Yulianto, Ahmad Bustomi, hingga pemain muda kebanggan Indonesia saat ini Egy Maulana Vikry merupakan sebagian pemain yang memulai karir nya dari kompetisi ini. Sebuah alasan yang menjadi penegas bahwa kompetisi ini merupakan kompetisi yang bergensi di tanah air terutama bagi pemain usia belia yang sedang meniti karir sepak bola ke jenjang profesional.

Piala Soeratin diadakan untuk menghormati salah satu tokoh penting dalam persepakbolaan tanah air Ir. Soeratin. Ir. Soeratin merupakan pendiri sekaligus ketua umum pertama PSSI yang merupakan induk dari organisasi sepak bola di indonesia.

Sejak diadakan pada 1965 silam kompetisi ini telah banyak juara. Persikasi Bekasi menjadi yang terbanyak dengan mengoleksi 5x gelar juara, disusul Persija Jakarta diposisi 2 dengan 4x gelar, PSB Bogor dan Persijap Jepara dengan perolehan yang sama yakni 3 gelar, sedangkan Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persema Malang, dan PSMS Medan masing-masing 2x pernah menjadi juara. Klub-klub lain seperti Persiter Ternate, Persiss Sorong, Persijatim Jakarta Timur, PSIS Semarang, Mojokerto Putra, Arema, Persekap Kota Pasuruan, Perseba Bangkalan, Villa 2000, PSDS Deli Serdang, Jember United, dan Persab Brebes merupakan klub lain yang pernah 1x mencicipi gelar juara Piala Soeratin

Di tahun 2019, salah satu klub sepak bola kebanggan Kabupaten Bogor, Persikabo U-17 menjadi wakil Jawa Barat untuk Piala Soeratin Nasional 2019. Persikabo berhasil menjadi wakil Jawa Barat  setelah menaklukan Persib Bandung U-17 di partai final dengan skor 3-2 bulan Mei 2018 2019 lalu yang sekaligus mematahkan dominasi Maung Bandung di tanah Jawa Barat.

Dalam undian Piala Soeratin 2019  U-17 yang diadakan PSSI pada tanggal 22 Januari 2019 menempatkan Persikabo di Grup F bersama tiga tim lainnya yakni  PS Boalemo Gorontalo, Persilat Lampung Tengah, dan Persihaltim Malut.  Persikabo memang tidak memiliki sejarah manis menjadi juara dalam gelaran Piala Soeratin tingkat nasional, namun skuad yang dibawa ke Malang diyakini cukup solid karena telah lama bersama-sama sejak bermain untuk PPLPD Kabupaten Bogor.

Tentu akan menjadi sebuah kebanggan jika Laskar Pajajaran Ngora mampu melengkapi prestasi yang dicapai tahun lalu menjadi juara di Piala Soeratin zona Jawa barat dengan melangkah sejauh mungkin di kompetisi tingkat nasional, semoga .

Penulis : Reza Fadila Rahman

 

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *