Regional

Perlintasan Kereta Api Warungbambu Karawang, Segera Dibuka Kembali  

BOGOR-KITA.com, KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang memastikan kan membuka kembali perlintasan kereta api sebidang di wilayah Gorowong, Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, setelah ada ijin resmi dari Dijen Perhubungan.

“Tidak akan lama perlintasan sebidang akan bisa dilintasi. Progres persiapan sudah matang dan dalam proses pengerjaan,” kata Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana, saat meninjau persiapan pembukaan perlintasan sebidang, Rabu (11/12/2019).

Dia menyakini progres persiapan pembukaan perlintasan sebidang secara infrastruktur sudah siap, sehingga dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera dibuka dan dapat dilintasi oleh warga, karyawan maupun lainnya.

Menurut Cellica, pemerintah daerah juga sudah menyiapkan sumber daya manusia untuk menjaga perlintasan sebidang tersebut untuk mengatur dan menjaga kenyamanan dan keamanan warga menghindari kecelakaan .

“Kita sudah siapkan petugas yang sudah terlatih,” tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arif Bijaksana mengatakan pemkab telah mengajukan permohonan pembukaan kembali perlintasan sebidang ke Dirjen Perhubungan dan dikabulkan.

“Permohonan kita untuk dibuka kembali dikabulkan, tanggal 18 perlintasan KA Gerowong akan dibuka kembali,” ujar Arif Bijaksana.

Baca juga  Bupati Karawang Mutasi 400 Pejabat

Selanjutnya, kata Arif, sepenuhnya untuk izin tanggung jawab ada di Pemkab Karawang dan persyaratan sudah disiapkan, baik SDM serta yang lainnya. Pihaknya sudah mengirim 24 orang untuk disekolahkan di akademi perkeretaapian di Madiun.

Nanti, kata Arif, mereka akan diajarkan tentang rambu rambu, pos penjagaan dan lain sebagainya yang menyangkut penjagaan perlintasan KA.

“Dari 24 orang kita manfaatkan warga sekitar yang mau disekolahkan, nanti mereka menjadi tenaga harian lepas dan diberikan honor oleh Pemkab Karawang,” imbuhnya. [] Nandang

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 31 = 34

Terpopuler

To Top