KPU Kota Bogor

Pengungkapan Kasus Korupsi KPU Jadi Kado Akhir Tahun Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Dugaan kasus korupsi di tubuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor dianggap tak ada perkembangan, sehingga sorotan tajam kini tertuju kepada jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor yang beberapa waktu lalu, sempat mengungkapkan adanya indikasi yang merugikan negara di KPU ini, Senin (17/12/2018).

“Kami menyayangkan adanya dugaan korupsi di tubuh KPU Kota Bogor. Kejari harus segera membongkar kasus dugaan korupsi di tubuh KPU, jangan berlarut-larut. Segera tetapkan tersangka, agar kasus ini menjadi jelas dan terang benderang. Karena saat ini sedang proses Pemilu sehingga riskan dikhawatirkan dapat mengganggu jalannya proses pemilu,” tegas Ketua Umum Korps Mahasiswa (Kopma) Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Bogor, Lathif Fardiansyah, kemarin.

Pihaknya, sambung Lathif, percaya jika Kejari Kota Bogor akan bekerja dengan maksimal dan menuntaskan kasus ini, sampai menemukan siapa otak sesungguhnya dari dugaan korupsi ini.

“Jika benar-benar terungkap. Maka, bakal jadi kado akhir tahun terutama dalam hal pemberantasan kasus korupsi di Kota Hujan ini,” ungkapnya.

Baca juga  IDI Kota Bogor Sambut Baik Lab IPB Uji Covid-19

Diketahui, Kepala Kejari Kota Bogor, Yudi Indra Gunawan mengungkapkan, dalam penanganan kasus dugaan korupsi di KPU, Kejari fokus menjaga dan mengamankan serta menyelamatkan KPU dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kasus yang ada di KPU merupakan tindakan yang dilakukan oleh oknum-oknum, sehingga merugikan keuangan negara.

“KPU akan melaksanakan kerja sangat berat yaitu Pilpres dan Pileg, dan tindakan koruptif yang terjadi di KPU akan kita bersihkan. Saat ini kasus dugaan korupsi di KPU itu sudah naik ke Penyidikan. Mungkin dalam waktu dekat akan segera diumumkan tersangka dari kasus itu,” jelasnya.

Terpisah, menyikapi dugaan korupsi di tubuh KPU Kota Bogor. Maka, sejumlah elemen mendesak Kejari Bogor untuk segera menetapkan tersangka dalam kasus proyek fiktif yang katanya merugikan negara sampai miliaran rupiah tersebut.

Ketua LBH GP Ansor Kota Bogor Mochammad Moggie Teggar SH meyakini, jika Kejari Bogor melalui kepalanya langsung sudah menyatakan ada dugaan kegiatan yang merugikan negara di KPU, bukanlah pernyataan main-main. “Orang nomor satu di kejaksaan sudah angkat bicara. Saya melihat ini benar adanya dan pasti ada tersangkanya. Jika demikian, jangan buang-buang waktu lagi untuk segera menetapkan tersangka. Terutama jika semua tahapan untuk penetapan itu sudah dilalui,” kata dia, kemarin.

Baca juga  KPU Kabupaten Sukabumi Gelar Evaluasi DPT

Ia menuturkan, selama ini tak terendus apa yang sudah terjadi di KPU terutama untuk proses proyek dan pengadaan lainnya, dan jika ini benar-benar terjadi, maka jangan pandang bulu serta harus diusut sampai aktor utamanya. “Nilai kerugian miliaran tampaknya sangat sulit jika dilakukan seorang diri. Pasti ada sejumlah pihak atau orang yang ikut bermain baik itu dari dalam atau luar,” tandas dia. [] Fadil



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *