Kota Bogor

Pemkot Lauching Lomba Kebersihan Tingkat RT, Pemenang Terbang ke Singapore

BOGOR-KITA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi me-launching lomba kebersihan tingkat RT di Taman Ekpresi Sempur, Bogor, Senin (21/3/2016). Lomba kebersihan dengan mengusung tema ‘Bogor Ku Bersih’ ini juga sekaligus menjadi gerakan bersama mendorong partisipasi seluruh pihak dalam pengelolaan sampah dan kebersihan di Kota Bogor.

Ketua Panitia Lomba Kebersihan Een Irawan Putra mengatakan lomba kebersihan ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan Kota Bogor, meningkatkan pemanfaatan sampah, mengurangi sampah yang dibuang ke TPA dan meningkatkan keterlibatan warga dalam penanganan sampah.

Ada enam lomba yang digelar yakni lomba kebersihan tingkat Rukun Tetangga (RT), lomba mulung sampah Ciliwung antar kelurahan se-Kota Bogor, lomba kebersihan tingkat pelaku usaha, lomba TPS 3R yang sudah ada di Kota Bogor, lomba inisiator (individu) pengelolaan sampah dan lomba desain fasilitas pengelolaan sampah. “Formulir pendaftaran bisa diundang di Website bogorkubersih.id,” ujar Een.

Baca juga  Ini Pemenang Pilkades Serentak Di 10 Desa Di Kecamatan Cileungsi

Een menjelaskan, untuk lomba kebersihan tingkat RT penilaian terdiri dari Umum yang mencakup sarana dan prasarana kebersihan, kelembagaan, peraturan RT, anggaran kebersihan, partisipasi masyarakat. Dari Kebersihan dilihat dari, kebersihan lingkungan, saluran air dan ruang terbuka hijau. Pemilihan sampah, dinilai dari sarana dan prasarana penyimpanan, pemilahan dan pengangkutan sampah, aktivitas pemilahan sampah.

Pemanfaatan sampah, dinilai dari sarana dan prasarana pengolahan sampah (Komposter, Biopori, Takakura) juga aktivitas pemanfaatan sampah. Dan hasil pemanfaatan sampah dilihat dari pemanfaatan pupuk, hasil kerajinan daur ulang, pendapatan dari penjualan sampah.

“Nanti RT yang ikut lomba akan dimasukan ke dalam peringkat apakah masuk ke tingkat dasar, menengah atau tinggi,” jelas Een.

Baca juga  Tertibkan Pelanggaran, Pemkot Gelar Apel Gabungan

Anggota Tim Percepatan Prioritas Program Pembangunan (TP4) Kota Bogor Maria Dian Nurani mengatakan, pemenang lomba kebesihan ini akan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah, piagam penghargaan dari Walikota Bogor, diundang belajar di Jepang, makan malam bersama Walikota Bogor sambil berdiskusi dan tanya jawab tentang program. Bahkan Ketua RT dan Lurah akan diajak Walikota belajar ke Singapura.

“Inikan lomba yang pertama kali digelar di Kota Bogor jadi diharapkan hadiah ini bisa memacu semangat untuk melakukan kebersihan demi terwujudkan Kota Bogor yang bersih, sehat dan nyaman,” pungkas Maya sapaan akrabnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top