Pemkot Alokasikan Rp80 Miliar untuk Jalan R3, BIRR dan R2

BOGOR-KITA.com – Pemkot Bogor mulai menggeber pembangunan jalan penting di Kota Bogor. Pembangunan Jalan R3, BIRR (Bogor Outer Ring Road) dan Jalan R2 (dari Tugu Narkoba-Tanah Baru-Jambu Dua), yang sebelumnya mandek, kini dihidupkan lagi. Anggarannya sudah disiapkan di APBD 2015 yang sekarang sedang menunggu pengesahan Gubernur Jawa Barat, dan diperkirakan pada pekan pertama Januari, dokumen pelaksana anggaran (DPA) sudah bisa diserahkan kepada masing-masing dinas.

Hal ini dikemukakan Wakil Walikota Usmar Hariman dalam percakapan dengan PAKAR di Bogor, Senin (24/11).

Usmar mengemukakan, tahun 2015, dimulai pembangunan fisik Jalan R3. Sementara jalan BIRR dan R2 masuk tahap pembebasan lahan.

Pembebasan lahan untuk Jalan R2 sepanjang 6 kilometer dengan lebar 20 meter itu sudah mulai dilakukan tahun 2007 dan 2008. Tinggal sekarang dilihat titik mana yang belum dibebaskan. “Kita sudah siapkan

anggaran murni 2015 sebesar Rp40 miliar,” kata Usmar.

Untuk pembebasan lahan untuk Jalan R3 dan BIRR juga sudah disiapkan anggaran sebesar Rp40 miliar. Sementara pembangunan fisik dibutuhkan anggaran sebesar Rp320 miliar, disiapkan secara bertahap selama tiga tahun berturut-turut.

Usmar menambahkan, pembebasan lahan untuk ketiga jalan itu akan dilakukan dengan strategi berbeda.  “Dibebaskan secara sekaligus, untuk mencegah perubahan harga. Kita berharap dalam satu tahun proses pembebasan lahan selesai,” jelasnya.[] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *