Penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun Anggaran 2019 yang digelar secara virtual, Senin (29/6/2020).

Pemkab Bogor Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjadi salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang meraih predikat Wajar Tanpa  Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun Anggaran 2019.  

Hal itu terungkap dalam acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun Anggaran 2019 yang digelar secara virtual, Senin (29/6/2020).  

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, bagi Kabupaten Bogor WTP kali ini merupakan raihan kelima.

Ini menjadi prestasi istimewa bagi Ade Yasin selaku Bupati Bogor. “Ini merupakan predikat WTP pertama yang diraih di masa kepemimpinan saya secara penuh. Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tim pemeriksa dari BPK RI atas segala rekomendasi dan masukannya. Selama masa pemeriksaan yang tentunya akan sangat berguna bagi peningkatan kualitas laporan keuangan di tahun yang akan datang,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin menjelaskan di Kabupaten Bogor, pemeriksaan pendahuluan telah dimulai sejak tanggal 4 Februari 2020 dan sesuai amanat Undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara dan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 beserta perubahannya tentang pemerintahan daerah, Kabupaten Bogor telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah kepada BPK untuk dilakukan audit pada tanggal 20 Maret 2020 dan untuk pemeriksaan terinci telah dilaksanakan sampai dengan tanggal 12 Juni 2020.

Dikatakan, pemeriksaan tahun ini terasa sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kondisi pandemi covid-19 yang tentunya berdampak terhadap mekanisme pemeriksaan yang dilaksanakan.

“Pemeriksaan yang biasanya dilakukan secara on the spot pada pemerintah daerah, tahun ini sebagian dilakukan melalui sistem online, baik melalui desk menggunakan aplikasi zoom meeting maupun data yang dikirim melalui email dan whatsapp,” kata Ade Yasin.

Menurut Ade Yasin, sesuai visi Kabupaten Bogor dalam RPJMD tahun 2018-2023 adalah terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban. Dengan misi mewujudkan Masyarakat yang berkualitas, perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan. Mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik, pembangunan daerah yang merata, berkeadilan dan berkelanjutan, serta mewujudkan kesalehan sosial.

“Mendapat predikat WTP dalam tatakelola keuangan daerah. Merupakan salah satu sasaran dari misi ketiga, yakni mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik. Ini menjadi semangat  bagi kami Pemkab Bogor untuk terus mengembangkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan APBD secara maksimal,” paparnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan DPRD Kabupaten Bogor serta seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan Pemkab Bogor, dengan leading sector BPKAD.

“Kami Pemkab Bogor bertekad untuk terus mempertahankan predikat WTP ini. Dengan meningkatkan upaya penata usahaan keuangan daerah agar dapat semakin baik,” tutupnya. [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *