Pemimpin Harus Bisa Sinergikan Tiga Kecerdasan

Pemimpin Harus Bisa Sinergikan Tiga Kecerdasan

BOGOR-KITA.com – Hari ini sekitar 125 kader Tim Penggerak (TP) PKK mendapat pelatihan kepemimpinan. Sebagai pemimpin, Ketua PKK Kota Bogor yanne Bima Arya menantang para kader untuk mengasah dan mensinergikan tiga kecerdasan yang dimilikinya, yakni kecerdasan intelektual,emosional dan spiritual.

Yanne memuji pilihan para anggota TP PKK yang memilih untuk bergabung dengan PKK dan menyumbangkan tenaga dan semangat untuk masyarakat. Terlebih  menjadi anggota dan pengurus di wilayah.

“ Menjadi anggota TP PKK adalah pilihan. Anggota tim, menjadi pengurus diwilayah dan kader adalah pilihan. Mereka memilih untuk bergabung dengan PKK, mereka memiliki jiwa dan semangat untuk memberikan manfaat masyarakat.” tutur Yanne Bima Arya di hadapan peserta pelatihan kepemimpinan bagi anggota TP PKK Kota Bogor, di Panjang Jiwo Resort Sukaraja Bogor, Selasa (1/3/2016).

Menurut Teh Yanne, sapaan akrabnya, berbeda dengan dirinya sebagai Ketua PKK Kota Bogor, bu camat dan bu lurah selaku ketua PKK di wilayah, menjdai ketua PKK bukan pilihan tapi sebuah keharusan. Untuk mensinergikan jiwa sosial yang dimiliki teman-teman di wilayah dan yang miliki keharusan, maka diperlukan tiga kecerdasan di atas.

Lanjut Teh Yanne, kecerdasan intelektual berguna dalam menganalisa. Karenanya tim penggerak harus memiliki kecerdasan intelektual, berpikir dan berbuat bagaimana caranya agar program sampai dan menyerap dengan baik ke masyarakat. Sedangkan dengan kecerdasan emosional, maka dapat belajar bagaimana memahami emosi pribadi dan emosi orang lain.

“Di PKK kita bekerja secara tim, belajar memahami dan mengerti emosi rekan satu tim,”  sambung Yanne.

Yanne menambahkan menurut penelitian kecerdasan emosional dapat menentukan keberhasilan seseorang. sementara kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang mampu menjawab  pertanyaan tentang diri sendiri.

“Kecerdasan spiritual akan menjawab siapa kita, apa yang kita lakukan untuk masyarakat. Melalui kegiatan dan outbond ini akan mengkolabirasi semua kecerdasan yang kita miliki untuk meningkatkan dan menguatkan kecerdasan, kepekaan dan kepedulian kita dalam memberikan pelayanan dan mengabdi untuk masyarakat. Semoga pelatihan ini betul-betul dapat menguatkan kelembagaan kita.” harap Yanne. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *