Profil

Mengenal Tebengin.com, Bisnis Mahasiswa IPB University

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Mahasiswa IPB University dikenal salah satunya karena kemampuan berwirausahanya. Contohnya adalah Muhammad Ammar Syuhada, mahasiswa IPB University dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Mahasiswa IPB University yang akrab dipanggil dengan Syuhada itu memiliki bisnis bernama Tebengin.com. Bisnis tersebut diklaim menjadi solusi bagi para mahasiswa dan masyarakat umum untuk berbagai keperluan.

Ide bisnis ini bermula dari pandemi COVID-19. Saat itu, para mahasiswa IPB University harus kembali ke kampung halamannya demi keamanan dan kesehatan. Syuhada mengaku, kala itu seorang temannya membutuhkan bantuan untuk menyalin berkas pentingnya yang tertinggal di kost.

“Sepertinya banyak mahasiswa yang memiliki kebutuhan seperti dia, namun tidak saya ketahui,” ujarnya.

Melalui pemikiran itu lahirlah Tebengin.com pada tanggal 19 Juni 2020. Jasa yang ditawarkan oleh Tebengin.com berupa jasa pengiriman barang dan berkas penting, penitipan motor, pengurusan administrasi perkuliahan, pemindahan barang, penyimpanan barang, dan cleaning service. Pada saat itu, IPB University juga sedang mengadakan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sehingga ia mendapatkan modal awal yang cukup untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca juga  Dilantik Menjadi Bupati Bogor, Inilah Sosok dan Pengalaman Panjang Nurhayanti

Syuhada menambahkan, usaha tersebut ia dirikan dengan bantuan beberapa teman yang bergabung sebagai tim. Semua anggota tim inti merupakan mahasiswa IPB University. Namun untuk tim lapang berasal dari universitas lain seperti Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Diponegoro, dan masyarakat umum. Tidak hanya itu, tim Tebengin.com memiliki beberapa rekanan di kampus lain untuk perekrutan tim lapang.

Syuhada menyebutkan, selain untuk berbisnis, ia juga ingin membantu sesama mahasiswa untuk memiliki penghasilan tambahan. Pelanggan yang bermula hanya mahasiswa IPB University, kini mampu menjangkau mahasiswa dari perguruan tinggi lain dan masyarakat umum di Jabodetabek.

“Fokus awal kami adalah mahasiswa IPB University. Caranya seperti sebar pesan siaran tentang apa itu Tebengin.com di grup-grup Whatsapp dan Line, mengikuti paid promote yang diadakan oleh beberapa organisasi kemahasiswaan dan kepanitiaan, partnership beberapa organisasi mahasiswa, dan aktif di media sosial,” ungkapnya ketika ditanya tentang awal mula mempromosikan Tebengin.com.

Baca juga  Rashford dan Greenwood Selamatkan MU, Spurs Main Imbang Mourinho Frustasi

Secara umum, katanya, jasa yang paling diminati pelanggan adalah Tatengin Kirim. Layanan ini merupakan jasa pengiriman barang dan Tebengin Pindah yang merupakan jasa pindahan barang. Syuhada menambahkan, untuk pelanggan mahasiswa IPB University, layaman Tebengin Ijazah atau jasa pengurusan administrasi paling diminati.

Meskipun bisnisnya cenderung fluktuatif, Syuhada dapat meraup untung rata-rata mencapai 12 hingga 18 juta rupiah per bulan. Di saat sepi pelanggan, timnya selalu mengadakan kegiatan bermanfaat seperti belajar strategi bisnis.

Syuhada mengklaim, beberapa kelebihan bisnis jasa yang ditawarkannya adalah mampu melayani pindahan kos atau rumah maupun kantor se-Pulau Jawa, Sumatera, Bali, NTB, dan NTT. Armada yang ditawarkan dapat berupa mobil pick up hingga truk. Tidak hanya itu, pengiriman barang dapat dilakukan ke seluruh Indonesia bahkan hingga luar negeri dengan pemesanan yang mudah dan harga ekonomis.

Baca juga  Big Match Liverpool vs Tottenham: Mengukur Kesabaran Klopp dan Mourinho

“Harapannya ke depan, Tebengin.com mampu melayani mahasiswa di seluruh Indonesia dan masyarakat umum serta menjadi layanan yang mampu menjangkau ke pulau-pulau besar lainnya seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua serta jangkauan pengiriman skala internasional lebih besar lagi,” pungkasnya. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top