Nasional

Mendikbud: UN Tahun Ini Ditiadakan

Mendikbud Nadiem Makarim

BOGOR-KITA.com JAKARTA – Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun ini (2021) ditiadakan. Dengan demikian, UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Poin Pertama, UN dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Kedua, dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021 maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, dilansir dari laman setkab.go,id., Kamis (4/2/2021).

Menteri Nadiem mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 pada 1 Februari 2021.

Dalam edaran yang ditujukan kepada para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di seluruh Indonesia itu, Nadiem menyebutkan alasan peniadaan ujian tersebut akibat penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat sehingga perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir-batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Baca juga  9.160 Dosis Vaksin Covid-19 Bakal Tiba di Kota Bogor Hari Ini

Pada poin ketiga dijelaskan, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah mereka: a) menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester; b) memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan c) mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Sementara maksud ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dijelaskan pada poin keempat. Yakni dilaksanakan dalam bentuk:

a.portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya);

b.penugasan;

c.tes secara luring atau daring; dan/atau

d.bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, peserta didik sekolah menengah kejuruan juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Demikian dijelaskan pada poin kelima.

Baca juga  Liga Inggris: Rashford Bawa Manchester United Intai Gelar Juara

Sementara terkait penyetaraan bagi lulusan program Paket A, Paket B, dan  Paket C sebagaimana dijelaskan poin keenam, dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

a.kelulusan bagi peserta didik pendidikan kesetaraan sesuai dengan ketentuan pada poin ketiga;

b.ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada poin ketiga huruf c.bagi peserta didik pendidikan kesetaraan berupa ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan diakui sebagai penyetaraan lulusan;

c.ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan dilakukan dalam bentuk ujian sebagaimana dimaksud pada poin keempat;

d.peserta ujian tingkat satuan pada pendidikan kesetaraan adalah peserta didik yang terdaftar di daftar nominasi peserta ujian pendidikan kesetaraan pada data pokok pendidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah;

Baca juga  Ade Yasin:  Mulai Dinilai, Satgas Covid-19 Terbaik Tingkat Kecamatan sampai RT Diberikan Penghargaan

e.hasil ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan harus dimasukkan dalam data pokok pendidikan.

Poin ketujuh menjelaskan soal kenaikan kelas yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a.Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan sebagaimana ujian kelulusan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

b.Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Nadiem juga menegaskan bahwa ketentuan-ketentuan tersebut harus tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang sudah diatur dalam Keputusan Bersama 4 Menteri, yakni Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri. [] Imam

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!