Nasional

Kolaborasi LKC-DD bersama PT. PUM Hadirkan Program Desa Sehat di Kabupaten Katingan

BOGOR-KITA.com, KATINGAN – Sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Desa Subur Indah, Kalimantan Tengah, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan PT. Pagatan Usaha Makmur (PUM) menggelar peresmian Desa Sehat program Kawasan Sehat. Peresmian ini digelar di Puskesmas Pembantu (Putsu) Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (23/10/2023).

Peresmian ini dihadiri oleh drg. Martina Tirta Sari, Kepala LKC DD Pusat, Imanuddin Utoro, Program Manager PT. PUM, Kalpin, S.Ag, M.Si, Staff Ahli Bupati Katingan dan Hariadi Utomo, Camat Katingan Kuala. Bersamaan dengan peresmian desa sehat ini, LKC-DD bersama PT. PUM juga menggulirkan Aksi Layan Sehat (ALS) yang ditujukan untuk masyarakat Katingan Kuala.

Baca juga  Shelter Sehati LPM Dompet Dhuafa, Tunjang Harapan dan Kemudahan Masyarakat Daerah Jangkau Pengobatan

“Alhamdulillah hari ini kita melakukan peresmian kawasan sehat yang ke-19 untuk seluruh LKC di Indonesia. Program ini mengedepankan pemberdayaan kesehatan di masyarakat, dimana kita berharap semuanya dikelola oleh masyarakat. LKC Dompet Dhuafa bersama dengan PT. Pagatan Usaha Makmur hadir sebagai fasilitator, pada implementasinya program ini akan dikelola langsung oleh masyarakat dengan mengutamakan peran serta dari masyarakat. Ini adalah program dari masyarakat, oleh masyarakat dan manfaatnya untuk masyarakat,” tutur dr. Martina.

Selanjutnya, Imannudin menjelaskan bahwa kelestarian hutan sangat tergantung dengan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar hutan. Oleh karena itu, Desa Sehat ini bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Baca juga  Perhimpunan WALI Bedah Bisnis Waralaba, Lisensi, Kemitraan

“Kami berpikir perlu pendekatan holistik untuk menyelesaikan masalah kesehatan, oleh karena itu kami bekerjasama dengan LKC Dompet Dhuafa mencari solusi yang lebih baik dan kami berpikir bahwa program yang akan dilakukan lebih ke arah promotif, edukatif dan pencegahan penyakit menular,” ujar Imannudin.

Lebih dalam, Imannudin menuturkan Desa Sehat Subur Indah ini sebagai cikal bakal program lainnya di tahun-tahun mendatang, tersemat harapan dari Desa Sehat Subur Indah ini bisa direplikasikan untuk program yang serupa di desa-desa yang ada di sekitar konsesi PT. Pagatan Usaha Makmur.

Desa Sehat program Kawasan Sehat yang merupakan kolaborasi antara LKC DD dan PT. PUM ini mendapatkan sambutan yang baik dari Bupati Katingan.

Baca juga  PT Sentul City Tbk Silaturahmi dengan Wartawan dan Pengusaha Media

“Program ini bisa menjadi satu contoh untuk dapat ditindak lanjuti, bukan hanya di Katingan Kuala, bahkan di seluruh kecamatan atau desa yang ada di Kabupaten Katingan. Tentu kami sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa dan PT. Pagatan Usaha Makmur yang sudah menghadirkan program ini. Kami mewakili pemerintah daerah berharap semoga kedepannya pemerintah daerah bisa berkolaborasi bersama di dalam program ini,” ucap Kalpin.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top