Kota Bogor

LPPM IPB University Berikan Pelatihan Penulisan Jurnal Pengabdian Masyarakat Bagi Mahasiswa

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University mengadakan Pelatihan Penulisan Jurnal  Pengabdian Masyarakat 2021 bagi mahasiswa secara hybrid di IPB Convention Center dan daring pekan lalu, (16/11/2021). Hal ini digelar agar pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tri dharma perguruan tinggi dapat terlaksana dengan baik.

Pelatihan penulisan karya ilmiah merupakan bagian penting untuk melakukan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Skill menulis karya ilmiah hasil bidang pengabdian masyarakat diperlukan untuk pendiseminasian karya tersebut kepada masyarakat. Lebih utamanya, agar karya yang dihasilkan dapat tersebar melalui media-media populer.

Dalam kesempatan ini Dr Siti Amanah, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) menjelaskan teknis penulisan artikel ilmiah pengabdian kepada masyarakat (PkM). Ia menyebutkan dalam prinsip penulisan artikel PKM harus memiliki kekhasan. Dan harus memenuhi syarat dari segi solutif atau pengembangan potensi masyarakat.

Menurutnya, penulis juga wajib memperhatikan panduan atau gaya selingkung jurnal yang dituju, sistematika penulisan, kebahasaan dan kedalaman substansi tulisan. Pada tiap bagiannya juga harus memperhatikan koherensinya. Yang tidak kalah penting yakni menghindari plagiarisme.

”Artikel ilmiah pengabdian masyarakat perlu disusun dengan cermat dan detil untuk mengkomunikasikan hasil capaian pengabdian kepada masyarakat  dan untuk memberikan manfaat tidak hanya bagi perguruan tinggi, namun kepada masyarakat secara lebih luas,” ujarnya.

Sementara itu, substansi penulisan jurnal pengabdian masyarakat dijelaskan oleh Prof Pudji Muljono, Kepala Perpustakaan IPB University. Ia mengatakan bahwa setiap bagian karya ilmiah harus relevan dengan topik yang dikaji. Dalam menyusun kesimpulan harus membahas terkait esensi kajian, kesesuaian dengan hasil kajian lain, penalaran penulis, serta implikasi hasil kajian baik secara teoritis maupun penerapannya.

Penulis disarankan untuk melihat daftar cek penelaahan agar kesesuaian antar bagian tulisan terjaga dengan baik. Antara judul dan abstrak serta substansi karya ilmiah juga harus selaras. Pencarian referensi atau pustaka acuan juga sangat disarankan. Terlebih lagi aksesnya kini dapat dilakukan secara remote. Misalnya melalui laman perpustakaan yang dapat diakses secara gratis dengan akun IPB University.

Ia turut menjelaskan cara mengakses sumber rujukan secara online dan memanfaakan ragam sumber informasi secara optimal.  “Mudah-mudahan harapan saya, paling tidak (pelatihan) ini dapat memotiviasi mahasiswa dalam menekuni pengabdian supaya aktivitas kita dapat terdokumentasikan dalam bentuk tulisan atau media massa dan sebagainya,” ungkapnya.[] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top