Kota Bogor

Kodim 0606 Lanjutkan Penanaman Serai Wangi, PT Agricon Siap Tampung Hasil Sulingan

Kodim 0606 lanjutkan tanam serai wangi

BOGOR-KITA.com- Komando Distrik Militer (Kodim) 0606, bersama PT Agricon dan Bogor Sahabat lanjutkan penanaman serai wangi di sepanjang Jalur R3 Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Jumat (5/6/2015).

 “Penanaman serai wangi di sepanjang  Jalan R3 Katulampa ini merupakan kelanjutan dari Lomba Budidaya Serai Wangi yang diikuti 68 anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) di lingkungan Kodim 0606/Kota Bogor di Jalan Sudirman, Kota Bogor, Kamis (30/4/15) lalu,” kata Dandim 0606/Kota Bogor Letkol (Arh) Rakhmat Santoso.

Dandim mengemukakan, banyak manfaat serai wangi, selain bisa mengusir nyamuk, bisa juga buat memasak, dan tentu saja memiliki nilai ekonomi. Nilai ekonominya ini akan dikembalikan ke masyarakat.  

Baca juga  Bima dan Airin Harapkan Hasil Apeksi XII 2017 Bermanfaat Bangun Daerah

“Warga setempat bisa memanennya secara berkala setelah usia 6 bulan, kemudian 4 sampai 5 bulan, panen berikutnya 3 bulan,” kata Dandim.

Salah satu penggagas penanaman serai wangi, Chief Operation Officer (COO) PT. Agricon, Harlan Bengardi mengatakan, pihaknya tengah meneliti manfaat lain dari tanaman serai wangi sebagai bioaktif bahan bakar. "Kita sudah uji coba tiga bulan terakhir di beberapa kendaraan bermotor untuk dijaikan bahan bakar jenis premium. Hasilnya bisa hemat 15 persen dan kalau dijadikan solar hemat sampai 20 persen," kata Harlan.

Harlan menambahkan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan kecamatan seluruh Kota Bogor dan 68  kelurahan untuk penanaman serai wangi yang banyak manfaatnya ini.

Baca juga  Rusunawa Menteng Siap Tampung Korban Kebakaran Kelurahan Gudang

“Kami tinggal menunggu respons kecamatan dan kelurahan untuk penanaman pohon serai ini. Kami hanya membantu dan berkarya untuk kota kelahiran, Bogor,"ujarnya.

Ia menambahkan bila banyak yang meresponn, maka PT Agricon bisa menyiapkan balai latihan kerja di setiap kecamatan dan memberikan mesin penyulingan sehingga masyarakat bisa menanam, menyuling untuk selanjutnya, hasilnya  ditampung Agricon. “Jadi  sama-sama enak dan sama-sama untung, bahasa gaulnya every body happy," kata Harlan. [] Yuda.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!