Kab. Bogor

KKN Mahasiswa IPB Ajarkan Bikin Pupuk dan P2L di TBM Lentera Pustaka Bogor

KKN-Tematik Mahasiswa IPB tahun 2021, di TBM Lentera Pustaka Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor (18/2/2021).

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI –  Kuliah Kerja Nyata, KKN-Tematik Mahasiswa IPB tahun 2021, memberikan pembelajaran pembuatan pupuk organik cair (POC) dan tanaman pekarangan pangan lestari (P2L) di TBM Lentera Pustaka Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten  Bogor (18/2/2021).

Dihadiri 11 ibu-ibu warga sekitar taman bacaan, mahasiswa IPB mengajarkan proses pembuatan pupuk organik cair, mulai dari bahan yang diperlukan, proses pembuatan, hingga ditampung di kemasan pupuk yang siap pakai.

Dikordinatori Dedy Firmansyah bersama 8 mahasiswa lainnya, diharapkan pembuatan pupuk organik cair bisa dilakukan ibu-ibu sebagai pupuk untuk tanaman pekarangan rumah atau kebun, karena prosesnya murah dan mudah.

Selain itu, KKN mahasiswa IPB pun memberikan penyuluhan berkaitan dengan pekarangan pangan lestari (P2L).

Baca juga  Dirut PPJ Sebut Ada Kenaikan Harga Daging Meski Tidak Signifikan

Hal ini dilakukan untuk penanganan daerah rentan rawan pangan atau tahan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan, lahan tidur, atau lahan kosong yang tidak produktif.

Diharapkan, P2L dapat dapat membantu memenuhi pangan warga dan gizi rumah tangga.

Bila perlu dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Targetnya, para ibu dapat meneingkatkan kemampuan menjadikan lahan produktif, di samping untuk pemanfaatan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

KKN Tematik IPB di TBM Lentera Pustaka ini merupakan kunjungan ke-3. Setelah yang pertama melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan covid-19, pembuatan hand sanitizer dan distribusi masker pada (30/1/2021). Yang kedua, data base koleksi buku taman bacaan melalui computer dan donasi buku. Terakhir, terkait promosi potensi desa dan sumberdaya melalui media sosial pada 23 Februari nanti.

Baca juga  Hasil Liga Champions: The Red Devils Turun Kasta, PSG vs Basaksehir Ditunda

“TBM Lentera Pustaka sangat mengapresiasi KKN tematik IPB kali ini yang melibatkan 140-an anak-anak taman bacaan dan ibu-ibu warga Desa Sukaluyu. Selain kontribusi nyata mahasiswa ke masyarakat, KKN ini pun jadi bukti adanya kerja sama dan kolaborasi antara taman bacaan, kampus  dan warga,” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Bogor.[] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top