Kerugian Akibat Puting Beliung Lebih dari Rp1 Miliar

Wakil Bupati Hibur Korban Puting Beliung Ciomas

BOGOR-KITA.com – Kerugian yang diakibatkan oleh bencana angin puting beliung yang menyebabkan ratusan rumah dan sejumlah sarana/prasarana di Kecamatan Ciomas pada Sabtu (25/10) lalu ditaksir lebih dari Rp1 miliar.Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yous Sudrajat, pemerintah akan membuat pernyataan bencana yang melanda 4 desa dan 1 kelurahan tersebut.

“Kita sudah buatkan pernyataan bencananya, tinggal tanda tangan Wakil Bupati yang diserahkan hari ini (kemarin-red.),” ujar Yous, sapaan akrabnya ditemui PAKAR, Senin (27/10).Setelah itu, imbuhnya, pihaknya akan meulai melakukan perbaikan.

Dihubungi terpisah, Wakil Bupati Bogor Nurhayanti menjelaskan, pihaknya sudah menugaskan BPBD untuk mengambil langkah cepat dalam melakukan penanganan guna pemulihan bencana.“Saya sudah langsung turun ke lokasi bencana,dan pada hari terjadinya bencana saya minta camat langsung berkoordinasi dengan BPBD untuk dilakukan penanganan sementara. Setelah itu dilakukan perbaikan rumah warga yang rusak berat, sedang dan ringan, dan memulihkan sarana prasarana umum yang rusak,” ujar Wabup.

Saat ini, menurut Yous, pemerintah masih terus menyalurkan bantuan kebutuhan dasar masyarakat yang terkena dampak bencana. “Kita juga masih menempatkan personel di lapangan untuk melihat seandainya ada penambahan korban agar bias segera menyalurkan bantuan tanggap darurat seperti makanan dan terpal bila memang dibutuhkan,” bebernya.

Bencana puting beliung terjadi pada Sabtu (25/10) petang hanya berlangsung tiga menit. Tetapi kerusakan yang diakibatkannya cukup parah. Wakil BUpati Nurhayanti sudah meninjau langsung ke lokasi bencana Minggu (26/10). Sebanyak 318 rumah rusak di 5 desa, meliputi, Desa Ciomas Rahayu, Kelurahan Padasuka, Desa Laladon, Desa Pagelaran, Desa Sukamakmur.

Desa Ciomas Rahayu 40 rumah rusak ringan, 29 rusak sedang dan 6 unit rusak berat. Kelurahan Padasuka 21 rumah rusak ringan, 8 rusak sedang dan 8 rusak berat. Desa Laladon 22 rumah rusak ringan, 8 rusak sedang dan 2 rusak berat. Desa Pagelaran 39 rusak ringan dan 19 rusak sedang. Sementara Desa Sukamakmur 30 rusak ringan, 45 rusak sedang dan 47 rusak berat.

Selain itu, Gedung Kantor Kelurahan Padasuka rusak berat, Gedung SD Taman Pagelaran Rusak Sedang, MTs Al Hasanah Ciapus rusak ringan, 2 Masjid rusak berat, serta 1 Majelis Ta’lim Kampung Baru rusak ringan. Dalam kunjungannya tersebut, Wabup Bogor menyerahkan bantuan kepada masyarakat.[] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *