Antre air minum di sumur (ilustrasi).

Kering Setiap Kemarau, Kampung Karang Mas Minta Pemkab Bogor Bangun Jaringan PDAM

BOGOR-KITA.com – Ratusan warga Kampung Karang Mas di RW 3 Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea saat ini sedang mengalami kesulitan air bersih untuk minum dan memasak lantaran hampir semua titik mata air di kampung tersebut surut akibat kemarau panjang tahun ini.

Menurut warga, memang masih ada dua titik mata air yang masih mengeluarkan air dan bisa diambil untuk minum serta memasak. Tetapi mengambilnya antre bersama ratusan warga lainnya.

Dedi Ketua RT 04 Kampung Karang Mas membenarkan, menyusutnya air sumur warga berikut mata air di kaki Gunung Kapur rutin terjadi di musim kemarau.

“Akibatnya semua warga yang menghuni perkampungan karang Mas Gunung Kapur Ciampea jadi sering kesulitan air bersih untuk keperluan memasak dan minum,” kata Dedi ketua RT 04, Senin (15/7/2019).

Dedi menambahkan, kekeringan yang dialami warga yang mulai sulit mendapat air bersih, puncaknya terjadi pada seminggu lalu.

“Semua air sumur menyusut, bahkan mata air yang biasa digunakan warga yang banyak terdapat di kaki Gunung Kapur juga kering, hanya tinggal satu mata air, itupun debitnya sudah kecil warga pun mulai resah,” bebernya.

Jadi satu satunya harapan warga agar tidak lagi mengalami kesulitan air bersih di musim kemarau tahun mendatang, menurut Dedi, adalah minta perhatian dan bantuan dari pemerintah untuk dipasangi jaringan pipa PDAM masuk ke Kampung Karang Mas.

“Kami berharap secepatnya Pemkab Bogor membantu kami untuk dibuatkan jaringan pipanisasi PDAM sebagai solusi terakhir guna antisipasi musim kering yang akan kembali terjadi ditahun mendatang,” tukasnya. 

Maria Ulfa Sekretaris Desa Cibadak membenarkan, wrga kampung Karang Mas yang masuk wilayah desanya sudah seminggu kekeringan.

“Alhamdulilah bantuan satu truk tangki berisi air bersih dari BPBD Kabupaten Bogor sudah datang dan sudah tersalurkan pada hari Sabtu lalu, kini beban warga yang kesulitan air bersih sudah teratasi walaupun belum maksimal,” kata Sekdes.

Dijelaskan Sekdes, pernah pada tahun lalu desa dibantu pihak dinas terkait Kabupaten Bogor berencana membangun sarana air bersih untuk keperluan warga setempat, tapi tak satupun titik air tanah berhasil ditemukan untuk program air bersihnya sehingga program sarana air bersih untuk Kampung Karang Mas dari Kabupaten dibatalkan.

“Saat ini warga berharap pemerintah Kabupaten Bogor turun tangan membantu warga dengan membangun jaringan air PDAM masuk Karang Mas untuk antisipasi musim kemarau jika sumur warga dan mata air gunung Kapur menyusut,” tandasnya. [] Admin/pkr



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *