Jokowi Lantik Pendiri Yayasan Satu Keadilan jadi Wakil Ketua Komisi Kejaksaan RI

Erna (tengah) Pilipus Tarigan (kiri), Sugeng Teguh Santoso (kanan)

BOGOR-KITA.com –Pendiri sekaligus Sekretaris Yayasan Satu Keadilan,  Erna Ratna Ningsih SH, LLM terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia. Erna dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Komisi Kejaksaan berjumlah 9 orang, terdiri dari 6 dari unsur masyarakat dan 3 dari unsur pemerintah. Setelah melalui proses cukup panjang melalui fit and proper test, Erna terpilih dari unsur masyarakat

Usai dilantik Erna yang meraih gelar SH dari Universitas Sebelas Maret Solo, dan gelar LLM di University of Canberra, Australa ini langsung mengeluarkan tajinya. Erna yang beberapa kali tampil di Bogor di acara yang digelar Yayasan Satu Keadilan pimpinan Sugeng Teguh Santoso ini tidak ingin Komisi Kejaksaan jadi macan ompong. “Institusi kejaksaan harus diawasi agar tidak mempermain apalagi memperdagangkan hukum,” tandas Erna yang sudah malang melintang di dunia lembaga swadaya masyarakat bidang penegakan hukum.

Salah stu cara agar Komisi Kejaksaan mempunyai gigi mengawasi kejaksaan, kata Erna, adalah dengan memberikan hak impunitas atau hak kekebelan hukum kepada komisioner Komisi Kejaksaan dalam menjalankan tugasnya.

Impunitas penting agar tidak terjadi kasus pencemaran nama baik atau dikriminalisasi sebagaimana dialami dua pimpinan Komisi Yudisial Suparman Marzuki dan Taufiqurohman Syahuri yang menjadi tersangka dalam kasus hakim Sarpin.

Ketua Yayasan Satu Keadilan Sugeng Teguh Santoso mengapresiasi keberhasilan Erna sehingga terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi Yudisial RI. “Saya yakin Erna sangat mampu menunaikan tugasnya, sekaligus mengangkat harkat, martabat, dan kewibawaan komisioner.  Saya yakin karena latar belakang pendidikan dan pengalamannya di lapangan penegakan hukum,” kata Sugeng yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Peradi.

Sugeng merencanakan, membuat semacam resepsi kecil untuk Erna di Kantor Yayasan Satu Keadilan di Ruko City Center, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. “Kecil-kecilan saja, sebagai rasa syukur atas terpilihnya Erna menjadi Wakil Ketua Komisi Kejaksaan RI,” tandas Sugeng yang juga pendiri Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Bogor Raya (LBH KBR). [] Boy



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *