IPB University Layani 3.803 Peserta UTBK Gelombang 2, Protokol Ketat Diterapkan

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Setelah pada 5-14 Juli 2020 dilaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang 1 di Pusat UTBK IPB University, mulai Senin (20 Juli) hingga 25 Juli 2020 mendatang dilaksanakan UTBK Gelombang 2. Jika pada Gelombang 1 lokasi ujian tersebar di 19 titik di Kabupaten maupun Kota Bogor, untuk pelaksanaan ujian gelombang 2 seluruh peserta dipusatkan di kampus IPB Dramaga.

Sebanyak 3.803 peserta dari beberapa daerah di luar Bogor akan mengikuti ujian gelombang 2 ini. Pelaksanaan tes pada masing-masing hari dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi pukul 8.15-11.15 dan sesi siang pukul 13.15-16.15.

Protokol kesehatan baik pada gelombang 1 maupun gelombang 2 dijalankan secara ketat mengingat pelaksanaan tes masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria berharap UTBK gelombang 2 ini bisa berjalan dengan lancar hingga di hari terakhir pelaksanaan. “Alhamdulillah, UTBK gelombang 1 telah kita laksanakan dengan lancar, tertib dan aman. Kita berharap hal yang sama dengan ujian gelombang 2 ini, ” ungkapnya Senin (20/7/2020).

Baca juga  SMAN 6 Kota Bogor Gelar Monstrosix

Penerapan protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK di IPB University dilakukan sejak peserta tes memasuki lokasi ujian. Peserta tes diwajibkan memakai masker sejak dari rumah. Kemudian memakai face shield sebelum memasuki lokasi ujian serta tetap melakukan physical distancing. Peserta tes juga dianjurkan memakai sarung tangan serta tetap memakai face shield selama tes berlangsung.

Pusat UTBK IPB University juga menyediakan sarung tangan plastik untuk dibagikan kepada para peserta. Di samping itu, peserta juga diwajibkan langsung pulang ke tempat tinggal masing-masing seusai mengerjakan tes. Sejumlah tenaga medis dan paramedis yang dikoordinasikan oleh IPB University bekerjasama dengan rumah sakit juga disiagakan di lokasi ujian. “Protokol kesehatan ini telah diinformasikan kepada peserta pada hari-hari sebelum pelaksanaan ujian, ” ungkap Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University yang juga Kepala Pusat UTBK IPB University.

Sebagai tindak lanjut dari Rekomendasi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terkait pelaksanaan UTBK di Bogor dimana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor dan Kota Bogor telah melakukan pemantauan dan random sampling untuk rapid test bagi peserta ujian dan petugas pada 7 Juli 2020 lalu saat berlangsung UTBK gelombang 1. Dari test tersebut didapat hasil bahwa seluruh sampel tidak reaktif.

Baca juga  Pandemi Covid-19 Lahirkan 4 Norma Sosial Baru

Direncanakan pada Rabu, 22 Juli 2020 Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Nizam akan berkunjung ke kampus IPB Dramaga untuk menyaksikan secara langsung suasana pelaksanaan UTBK gelombang 2 ini. [] Hari


TAG

Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *