IPB University Berikan Arahan untuk Mahasiswa Baru Sekolah Vokasi Sukabumi

IPB University Beri Arahan untuk Mahasiswa Baru Sekolah Vokasi Sukabumi

BOGOR-KITA.com – Memasuki tahun akademik 2019/2020, mahasiswa baru Sekolah Vokasi IPB University Kampus Sukabumi mendapat arahan dari Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr Drajat Martianto. Arahan tersebut diberikan pada kegiatan Studium Generale dalam rangkaian Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB),di gedung baru Kampus Sukabum, Minggu (25/8/2019).

Sedikitnya ada 200 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan MPKMB tahun 2019. Terdapat enam program studi yang diselenggarakan di Sekolah Vokasi Sukabumi yaitu Ekowisata, Teknologi Industri Benih, Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Komunikasi, Manajemen Agribisnis serta Teknologi dan Manajemen Ternak.

Pada kegiatan kuliah umum kali ini, Dr Drajat Martianto memberikan arahan kepada mahasiswa supaya menyiapkan dirinya agar mampu menghadapi era disrupsi saat ini. “Sekarang ini kita memasuki era disrupsi yang didalamnya ada VUCA, yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk menghadapi era disrupsi saat ini diperlukan skill yang kompeten. Skill yang dimaksud adalah complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with other dan skill negosiasi yang baik. Di sisi lain, untuk menghadapi tren perkembangan saat ini, diperlukan juga kecerdasan emosional, manajemen skill yang baik, orientasi pada servis atau pelayanan dan kemampuan kognitif yang baik.

Oleh karena itu, Dr Drajat meminta kepada seluruh mahasiswa supaya aktif memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh IPB University. “Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh IPB University. Yang mau exchanges, konferensi internasional, lomba di tingkat nasional maupun internasional, akan difasilitasi. Silahkan mahasiswa mengikutinya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemahasiswaan seperti mengikuti organisasi kemahasiswaan maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Ia menegaskan dengan mengikuti kegiatan kemahasiswaan ini diharapkan dapat mengasah skill mahasiswa.

“Ke depannya, faktor kesuksesan tidak lagi ditentukan dari nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi maupun nama perguruan tingginya. Justru nilai IPK dan perguruan tinggi itu menempati uratan ke 23 dan 27,” tambahnya.

Dr Drajat menjelaskan, ada sepuluh faktor sukses yang perlu mendapat perhatian yaitu kejujuran, kedisiplinan, good interpersonal skill, dukungan dari pasangan hidup, bekerja keras, mencintai apa yang dikerjakan, kemampuan memimpin yang baik, memiliki semangat dan berkepribadian kempetitif, pengelolaan kehidupan yang baik dan kemampuan menjual gagasan dan produk.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Ir Arief Darjanto, M.Ec mengatakan kegiatan studium generale atau kuliah umum ini penting dilakukan mengingat peserta kuliah umum adalah mahasiswa baru. “Selamat datang di Kampus Sukabumi, meski jauh dari induknya (kampus utama) di Bogor, harapannya para mahasiswa di sini tetap dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik,” ungkap Dr Arief.

Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di Kampus Sukabumi, saat ini telah dibangun ruang kelas dan laboratorium. Telah dibangun juga ruang kemahasiswaan yang dapat digunakan sebagai sekretariat organisasi maupun UKM. Untuk menunjang kegiatan akademik, Dr Arief mengatakan, ke depannya akan dibangun arboretum, close house, dan laboratorium lapang di sekitar kampus. [] Admin / IPB University



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *