Lomba mendongeng tingkat Sekolah Dasar di Taman Ade Irma Suryani (Taman Topi), Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa (27/8/2019).

Lomba Mendongeng di Taman Topi Diikuti Ratusan Anak SD

BOGOR-KITA.com – Untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat dan anak- anak, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor menggelar kegiatan lomba Story Telling (mendongeng) anak tingkat Kota Bogor.

Lomba mendongeng ini diikuti ratusan peserta tingkat Sekolah Dasar (SD) yang digelar di Taman Ade Irma Suryani (Taman Topi), Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa (27/8/2019).

Menurut Kepala Diskarpus Kota Bogor, Agung Prihanto, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan minat bercerita kepada anak serta memperkenalkan perpustakaan kepada para pelajar.

“Kegiatan mendongeng ini akan dilanjutkan dengan lomba menulis cerita,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya menuturkan akan membangun gedung perpustakaan yang modern berlokasi di komplek Balai Kota. Nantinya gedung tersebut akan mulai dibangun tahun depan secara bertahap dengan anggaran kurang lebih Rp 15 miliar.

“Jadi di gedung perpustakaan ini tidak hanya untuk membaca buku saja, tetapi akan ada kegiatan lain yang sifatnya edukasi, termasuk dilengkapi ruang bermain anak. Kita harapkan kedepan perpustakaan ini terbaik di Jawa Barat,” jelasnya.

Bunda Literasi Kota Bogor, Yane Ardian dalam sambutannya mengajukan pertanyaan kepada para peserta bahwa orang sukses itu seperti apa. Menurutnya, orang sukses itu adalah orang yang berhasil meraih cita-citanya. Selain itu, orang sukses itu adalah orang yang cerdas memanfaatkan akal pikirannya dengan baik.

“Otak kita orang dewasa itu beratnya bisa 1,5 kg, panjangnya bisa dari Sabang sampai Merauke, ada jutaan sel saraf neuron dalam otak kita.  Saking banyak kalau tidak digunakan dengan baik tidak akan bermanfaat, makanya harus dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Ketua PKK Kota Bogor ini menyatakan, orang yang sukses dapat memanfaatkan otaknya dengan maksimal dengan cara rajin membaca, rajin mendengar, rajin menulis dan rajin bercerita. Karena orang bercerita itu harus rajin membaca. “Orang sukses ilmunya banyak, dia tahu apa yang mau disampaikan,” katanya.

Ia mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.  Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi bekal para peserta untuk masa yang akan datang. “Ibu senang sekali dan terima kasih kepada guru,  para pendamping, OPD terkait. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik,” katanya.

Acara tersebut turut dimeriahkan oleh Pendekar Dongeng Indonesia,  Rohidin atau akrab disapa Kang Didin. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *