Pendidikan

IPB Mewisuda 800 Lulusan, Rektor Berikan Tiga Kunci Agar Lulusan Bisa Menjadi Leader

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University kembali menggelar upacara wisuda secara hybrid, Rabu (16/3/2022). Ada 800 lulusan yang mengikuti acara ini.  Dalam upacara wisuda, Rektor IPB University, Prof Arif Satria berharap para alumni bisa tumbuh menjadi  leader di berbagai tempat. Ada tiga kata kunci yang ia sampaikan, yaitu integritas, inspiring dan inovasi.

“Selain itu, perkuat dan bangun identitas dengan bangga terhadap almamater. Kata kunci yang paling utama yang harus dimiliki alumni adalah kejujuran. Dengan kejujuran maka akan membangun kepercayaan masyarakat, sehingga akan membentuk high trust society. Negara-negara yang maju itu dibangun karena ada saling percaya di antara masyarakatnya. Sehingga akan membawa pada saling kolaborasi. Maka akan banyak inovasi, dengan inovasi akan menginspirasi,” ucapnya.

Baca juga  Usmar Hariman Buka Gebyar PAUD Kota Bogor 2015

Tidak hanya itu, Rektor berpesan lulusan yang akan segera menjadi alumni bisa terus berjejaring untuk membangun sinergi. Terus membangun kerjasama dengan sesama alumni dan berbagai pihak serta dengan almamater.  “IPB University saat ini sedang memproses dan mempercepat agromaritim 4.0. Sebuah keniscayaan sebagai respon menghadapi industri 4.0. Sehingga dengan demikian alumni IPB University terus bergerak untuk memberikan daya manfaat dan transformasi untuk kemajuan agromaritim 4.0. Karena ini harapan publik,” ujarnya.

Menurutnya, IPB University harus menjadi terdepan dalam mentransformasi pertanian Indonesia agar agromaritim benar-benar memiliki daya saing. Memiliki perspektif sustainability yang kuat juga mensejahterakan serta kita menjadi penentu untuk pertanian dunia.

Hal serupa juga disampaikan oleh drh Sukma Kamajaya, MM, Sekretaris Jenderal Himpunan Alumni IPB University. Ia mengatakan kondisi saat ini menuntut lulusan untuk memiliki kompetensi lain. Akan tetapi ia menyampaikan alumni IPB University sudah memiliki potensi besar karena adanya tempaan pendidikan yang unik, daya adaptasi yang tinggi, memiliki kreativitas yang mampu menginspirasi keluarga juga masyarakat.

Baca juga  Rektor IPB University Kunjungi Ponpes Al Ittifaq Bersama para Menteri

Ia mengajak lulusan untuk berkontribusi kapan pun IPB University memanggil. Baik secara pikiran, energi, jaringan, materi maupun tenaga. Selain itu, ia juga berharap alumni agar senantiasa bisa memperkuat  kemampuan leadership, kemampuan digital, kemampuan bisnis dan sosialnya.

“Himpunan Alumni IPB University telah menyiapkan wadah untuk menempa berbagai kemampuan tersebut. Selain itu alumni juga perlu memperkuat jejaring dan kolaborasi dengan berbagai pihak. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top