Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jawara Moto GP Marc Marquez di Bandung, Sabtu (9/2/2019).

Investor Sudah Ada, Sirkuit Moto GP Dibangun di Sekitar Bandara Kertajati

BOGOR-KITA.com – Pebalap dunia Moto GP dari Repsol Honda Team Marc Marquez berkunjung ke Kantor Gubernur Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (9/2/2019).

Apakah ada rencana gelar balap internasional di Jawa Barat?

Bayangan publik pastilah bahwa kedatangan pembalap kondang sejagad yang sudah tujuh kali raih gelar juara itu, adalah untuk suatu yang terkait dengan balap motor.

Tetapi ternyata tidak. Kedatangan warga Spanyol itu adalah untuk mempromosikan UMKM dan Bada Usama Milik Desa atau BUMdes, sesuai program Pemerintah Jawa Barat yang dikenal dengan one village one company.

Tetapi, Ridwan Kamil jeli melihat peluang. Gubernur zaman now itu memanfaatkan kunjungan Marquez untuk mempromosikan rencana membangun sirkuit Moto GP bertaraf internasional di sekitar kawasan Bandara Kertajati Majalengka, sebuah bandara yang akan melahirkan sejumlah kota baru modern di sekitarnya.

Sambil menyelam menangkap ikan, Emil memilih lokasi bakal sirkuit Moto GP di sekitar Bandara Kertajati, agar tidak hanya terkait dengan olahraga, tetapi  juga terkait kunjungan wisata ke Jabar.

“Sirkuit Moto GP ini harus berada dalam radius perhotelan supaya pariwisata Jawa Barat bisa maju dengan jenis-jenis pariwisata alam dan event, supaya semua orang dari seluruh dunia engga terlalu jauh dari Bandara,” kata Emil.

Tentang pembangunan sirkuit Moto GP itu sendiri Emil mengatakan, sudah dua kali kedatangan investor yang menyatakan minat untuk membuat sirkuit Moto GP.

Lahan yang rencananya akan dijadikan sirkuit Moto GP sudah ada seluas 200 hektar. Rencananya akan dibangun tahun depan dengan menggandeng sejumlah investor.

“Progesnya tahun ini didahulukan MoU dulu dengan investor, rencana realisasinya tahun depan. Sekitar 200 hektar lahan yang akan dijadikan sirkuit moto GP, karena saingannya banyak ada Sumatera dan NTB,” ujarnya. [] Admin/Sumber:Pemdaprov Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *