Kota Bogor

Doakan Kota Bogor Semakin Maju, Ridwan Kamil Paparkan Bantuan Pemprov Jabar Untuk Pembangunan Kota Hujan   

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Gubernur Jawa Barat ridwan Kamil menghadiri peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 pada 3-4 Juni 2023.

Kang Emil sapaan akrabnya tak lupa mengucapkan selamat atas hari jadi Kota Bogor ke-541, ia pun memanjatkan doa yang terbaik untuk Kota Bogor.

“Saya senantiasa mendoakan agar Kota Bogor semakin maju, berprestasi, sejahtera, serta dapat menjadi kota yang juara dari segala sektor, baik itu dari segi pelayanannya, pembangunannya, hingga kualitas sumber daya manusia,” kata Kang Emil, Minggu (4/6/2023).

Orang nomor satu di Jawa Barat ini juga mendukung pembangunan Kota Bogor, sebab menurutnya, wajah Kota Bogor memiliki potensi peluang sekaligus tantangan yang besar dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan perkotaan yang layak huni, aman, dan nyaman.

Baca juga  Didesak Mundur, Kadishub Kota Bogor Tutup Telinga

Bentuk dukungan terhadap pembangunan di Kota Bogor, kata Kang Emil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar telah menggelontorkan dana bantuan sebesar Rp475 miliar untuk pembangunan daerah kota dan Kabupaten Bogor.

Pada 2019 silam, lanjutnya Pemprov Jabar telah menggelontorkan bantuan keuangan untuk Kota Bogor sebesar Rp124.199.271.600.

Sedangkan pada tahun 2020, bantuan yang diberikan sebesar Rp82.659.647.206 dan 2021 sebesar Rp97.745.232.075.

“Di tahun 2022 sebesar Rp95.939.620.000, dan tahun 2022 sebesar Rp75.275.776.600,” ungkpnya.

Bantuan yang telah diberikan Pemprov untuk Kota Bogor digunakan untuk pembangunan Jembatan Otista, Alun-Alun Kota Bogor, penataan Situ Gede, pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Kampung Atlet dan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) serta sejumlah bantuan sosial.

Baca juga  Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018 Jawa Barat, Terima "Kadedeuh" 

“Dalam rentang tahun 2019 hingga 2023, total ada 2.180 unit rumah dengan nominal mencapai Rp39 miliar untuk pembangunan infrastuktur layak huni di Bogor. Pemberian bantuan sosial untuk Kota Bogor selama 5 tahun terakhir pun mencapai Rp39 miliar telah digelontorkan untuk warga Bogor,” jelasnya.

Ia mengaku, untuk mendukung dan menunjang pembangunan di daerah, pemerintah pusat memiliki sejumlah proyek strategis nasional di wilayah Kota Bogor yang terus dikembangkan.

Selain itu, sejumlah pembangunan yang sudah dilakukan Pemprov Jabar di Bogor, di antaranya, pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang akan berakhir di Terminal Baranangsiang, jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), proyek rel ganda atau double track Bogor – Sukabumi, dan revitalisasi Alun-alun Kota Bogor.

Baca juga  Hasil Evaluasi SSA, Pemkot Bogor Mulai Benahi Penyempitan di Jalan Otista

Ia menambahkan, ada juga pembangunan yang masih bersifat wacana seperti rencana revitalisasi GOR Pajajaran dan pembangunan Kampung Atlet.

“Pembangunan yang dilakukan merupakan langkah nyata dalam mendukung visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2018 – 2023 yaitu terwujudnya Jawa Barat lahir batin melalui inovasi dan kolaborasi,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top