Ini Tips Cegah Ular Masuk Rumah

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Beberapa hari ini pemberitaan soal anak ular kobra yang masuk salah satu perumahan di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor ramai dibicarakan. Pegiat Konservasi dari Tambora Muda Indonesia Mochamad Rifky memberikan saran untuk mencegah ular masuk rumah.

Menurut Rifky, saat ini memang memasuki musim menetas ular. Jadi hal yang wajar jika ditemukan anak anak ular. Ia mengatakan fenomena ular masuk perumahan juga terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rifky mengimbau agar kita selalu menjaga kebersihan rumah.

“Untuk mencegah ular masuk ke dalam wilayah perumahan, sebaiknya kita selalu menjaga kebersihan rumah masing masing agar tidak mengundang tikus, karena tikus merupakan makanan utama ular kobra jawa (Naja sputatrix),” kata Rifky kepada BOGOR-KITA.com, Rabu (11/12/2012).

Kata Rifky, kita dilarang membiarkan barang barang tidak terpakai menumpuk di pekarangan rumah, sebab akan mengundang ular untuk menempatinya.

Jika ular terlanjur masuk ke rumah atau pekarangan, sebaiknya kita menghubungi keamanan, damkar, maupun pihak pihak yang ahli dalam penanganan ular.

“Penting untuk menyimpan nomor kontak mereka yang bisa memindahkan ular tersebut kembali ke habitatnya,” tandas Rifky. [] Hari 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


One thought on “Ini Tips Cegah Ular Masuk Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *